4 Jenis Alat Pembayaran yang Semakin Memudahkan Anda

Di era globalisasi seperti sekarang ini, alat pembayaran non tunai dianggap salah satu alat yang sangat membantu para pengguna ketika hendak membayar berbagai transaksi. Bagaimana tidak, adanya pembayaran secara non tunai ini, membuat pengguna bisa melakukan transaksi kapan dan dimana saja tanpa harus mendatangi bank. Selain itu, dengan digunakannya pembayaran non tunai ini, akan semakin menghemat waktu pengguna pada saat sedang bertransaksi. Dan, tidak sedikit pula yang beranggapan jika menggunakan pembayaran tunai jauh lebih aman. Disebabkan hanya pengguna yang bisa mengakses transaksi.

Jenis Alat Pembayaran Non Tunai

Lantas, apa sajakah alat pembayaran secara non tunai yang bisa kalian gunakan untuk melakukan berbagai transaksi? Langsung saja disimak penjelasannya di artikel ini, selamat membaca!

  1. Kartu Kredit. Siapa sih yang tidak kenal dengan kartu kredit? Salah satu alat pembayaran yang bisa digunakan untuk membayar barang maupun jasa. Saat menggunakan kartu kredit ini, para penggunanya pun diperbolehkan mengambil barang yang diinginkannya terlebih dahulu tanpa harus membayar uang. Hanya saja, setelah satu bulan pengguna pun harus melunasi barang yang sudah dibeli kepada pihak bank melalui kartu kredit. Sangat gampang sekali memang, tapi jangan sampai kalian keenakan membayar dengan kartu kredit ini, dikarenakan akan semakin menumpuk hutang kalian pada pihak bank.
  2. Kartu ATM. Kalian semua tentunya pernah belanja menggunakan kartu ATM? Yup, kartu ATM ini juga bisa digunakan untuk melakukan banyak transaksi. Ketika menggunakan kartu yang satu ini, kalian tidak perlu lagi membawa uang banyak kemanapun pergi dikarenakan uang kalian tersimpan aman di dalam kartu ATM ini. Dengan menggunakan kartu ATM ini, kalian bisa mentransfer uang kepada pihak sekaligus menarik uang tanpa harus pergi ke bank.
  3. E-Money. E-Money sendiri merupakan salah satu kartu elektronik yang digunakan untuk berbagai pembayaran, dimana uang yang dijadikan untuk membayar barang maupun jasa sudah dibayarkan terlebih dahulu. Untuk uang yang dibayarkannya berkisar antara satu hingga lima juta kepada pihak bank. Biasanya, uang ini akan tersimpan di dalam kartu elektronik secara aman.
  4. Cek. Memang sih, membayar sebuah transaksi pembelian dengan cek bukanlah termasuk ke dalam teknologi canggih yang menggunakan mesin pintar. Akan tetapi dengan melakukan pembayaran dengan cek ini, kalian tidak harus membawa uang cash ketika mau membayar uang dalam jumlah besar. Misalnya, kalian ingin membayarkan uang ke perusahaan lain senilai 5 Milyar, tidak mungkinkan kalian harus membayarnya langsung ke perusahaan tersebut. Disinilah peran cek, yang menunjukkan apabila kalian melakukan transaksi dengan pihak lain namun dalam bentuk tulisan.

Gimana? Kalian sudah memakai beberapa kartu pembayaran non tunai yang ada di atas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.