4 Tips Mudah Cara Menghemat Air di Apartemen

Bagi Anda yang tinggal di apartemen, Anda pastinya menyadari bahwa biaya hidup untuk tinggal di properti Indonesia ini tidaklah murah. Selain membayar sewa, Anda juga diharuskan untuk membayar listrik dan juga biaya air setiap bulannya. Jika tidak hemat dan jeli, pengeluaran Anda setiap bulannya bisa jebol, lho! Untuk itu, Anda pun harus menghemat penggunaannya agar tidak boros. Salah satu cara penghematannya adalah dengan cara berikut:

  1. Gunakan shower. Berendam di bathtub memang menyenangkan dan juga membuat perasaan menjadi rileks. Akan tetapi, air yang digunakan akan habis dalam jumlah besar. Alih-alih dengan bathtub, lebih baik gunakan shower untuk mandi. Shower merupakan salah satu alternatif yang bisa ditempuh jika Anda ingin menghemat air di apartemen. Sebab, percikan air yang keluar dari shower lebih sedikit namun merata ke seluruh tubuh. Anda bisa menghemat hingga 60% dari total air dibanding dengan gayung atau bathtub.
  2. Hemat AirEfisiensi waktu. Suka mandi berlama-lama sambil melamun atau sambil bernyanyi? Hmm, coba deh kurangi kebiasaan tersebut! Sebab jika Anda mandi sambil bernyanyi atau sambil melamun, waktu yang dihabiskan untuk mandi bisa melonjak dua kali lipatnya dan konsumsi air pun akan semakin besar. Jika Anda mandi secara efisien dan menggunakan waktu sebaik-baiknya, maka penggunaan air pun akan keluar secukupnya saja.
  3. Biasakan untuk mematikan air saat sabunan. Sebagian besar orang membiarkan shower terus menyala ketika Anda sedang sabunan dan juga sedang keramas. Ini tentunya sangat boros sekali, kan? Sebab air yang keluar akan terbuang dengan percuma karena Anda pun sedang tidak menggunakannya. Untuk itu, selalu biasakan untuk mematikan shower ketika sedang tidak digunakan.
  4. Tampung air. Selain mematikannya, ada juga cara lain untuk menghemat air ketika Anda sedang keramas atau sabunan. Caranya adalah dengan menampung air di ember untuk digunakan di lain kesempatan.

Nah, ternyata menghemat air itu tidak sulit, kan? Semoga tips di atas bisa membantu Anda untuk memangkas biaya air setiap bulannya, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.