6 Langkah Mudah Menjaga Mesin Cuci Piring Tetap Bersih Dan Higienis

Menjaga mesin cuci piring tetap bersih dan higienis wajib dilakukan karena kebersihannya berpengaruh pada kesehatan Anda sendiri. Faktanya, terlalu sering mencuci piring dalam sebuah mesin, kotorannya akan tertinggal di dalam mesin itu sendiri.

Ketika dibiarkan, maka kotoran yang tertinggal bekas cucian piring akan menumpuk, menyebabkan pencucian piring tidak lagi bersih. Supaya tidak lagi terjadi demikian, Anda sebaiknya lebih rajin untuk menjaga kebersihan mesin pencuci piring dengan 6 langkah di bawah ini!

Mesin Pencuci PiringPertama, pastikan untuk mengosongkan mesin pencuci piring terlebih dahulu. Tujuannya tentu saja untuk memudahkan dalam pembersihan kotoran yang menempel di mesin.

Kedua, tariklah rak pencuci piring keluar. Di sini, temukan lubang yang menjadi tempat keluarnya air ketika mencuci. Normalnya, lubang inilah yang mudah kotor karena bekas cucian semisal minyak atau sisa makanan akan menempel.

Anda hanya perlu membersihkannya, misalnya dengan mengelap lubang pembuangan tadi dengan menggunakan kain bersih.

Ketiga, lepaskan juga filter air yang terdapat pada mesin cuci piring. Filter dan area sekitarnya juga perlu dibersihkan, baik dengan menggunakan air sampai dengan memanfaatkan kain. Yang terpenting, daerah dimana bekas cucian lewat harus dibersihkan agar terjaga kehigienisannya.

Keempat, gunakan cuka ke dalam dispenser mesin cuci tadi, takarannya cukup satu liter saja. Kemudian, letakkan pula baking soda pada piring, dan letakkan piring tadi di rak yang terdapat di atas mesin tersebut.

Kelima, hidupkan kembali mesin cuci. Pada tahapan ini, cuka dan baking soda diharapkan dapat bekerja untuk proses membersihkan noda sampai bakteri yang ada di dalam mesin. Ya, cuka sendiri menjadi bahan alami yang ampuh sebagai anti bakteri untuk peralatan dapur yang dicuci, yakni piring.

Sementara baking soda dimanfaatkan untuk melunturkan kotoran yang telah lama mengendap di mesin cuci. Makanya, kombinasi antara cuka dan baking soda nantinya bisa menjadi alat ampuh untuk menjaga kebersihan mesin cuci piring.

Sementara yang keenam, lap semua bagian dalam mesin cuci sampai bersih. Proses ini dilakukan ketika mesin cuci selesai digunakan. Dan untuk membersihkan area dalam mesin, Anda bisa memanfaatkan kain atau spons khusus untuk mengangkat kotoran yang tertinggal.

Untuk proses pembersihan salah satu perabotan rumah tangga, lakukan secara berkala. Normalnya, Anda bisa menjaga kebersihannya satu bulan sekali dengan 6 langkah tersebut.

Demikianlah beberapa langkah mudah yang bisa Anda gunakan untuk menjaga mesin cuci piring tetap bersih dan higienis. Jadi, sudahkah Anda membersihkan mesin pencuci peralatan dapur Anda?

One thought on “6 Langkah Mudah Menjaga Mesin Cuci Piring Tetap Bersih Dan Higienis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.