Beragam Jenis Kartu PVC (Poly Vinyl Chloride)

Kartu sudah menjadi benda yang dibutuhkan oleh setiap lapisan masyarakat, baik itu kartu identitas maupun kartu lainnya, seperti kartu ATM, kartu kredit, atau kartu member. Kemampuan kartu untuk menyimpan data dan informasi dengan bantuan alat khusus yang dapat dibeli di toko jual printer ID Card, membuat fungsi kartu semakin beragam. Bahkan, saat ini beberapa jenis transportasi umum tidak lagi menerima pembayaran dengan sistem cash, tetapi menggunakan kartu untuk pembayarannya.

Cetak ID Card dengan Kartu PVC

Kartu PVC (Poly Vinyl Chloride) adalah salah satu jenis kartu yang paling sering dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berbagai kebutuhan. Pada dasarnya kartu ini adalah sebuah kartu plastik berwarna polos dengan ukuran 85,5mm x 53,6mm dengan ketebalan sekitar 30mil. Namun, kartu ini dapat dicetak sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, kartu ini mampu menyimpan data atau informasi dengan beberapa cara, tergantung dari tipe kartu yang digunakan.

Magnetic Card

Pernah memperhatikan lapisan hitam yang ada pada bagian belakang kartu ATM? Lapisan tersebutlah yang disebut dengan magnetic stripe. Di dalamnya, terdapat berbagai macam informasi yang sebelumnya telah dimasukkan dengan menggunakan sebuah alat bernama magnetic stripe encoder. Untuk dapat membacanya, kita juga membutuhkan alat khusus yang bernama magnetic card reader.

RFID Card

Kartu ini terlihat seperti kartu biasa karena chip tersimpan pada bagian dalam kartu. Untuk membaca kode yang ada di dalam kartu, digunakan sebuah alat khusus. Namun, karena bekerja menggunakan sistem gelombang untuk pengiriman datanya, sehingga kita tidak perlu benar-benar menempelkan kartu pada alat pembaca (reader) untuk mengirimkan sinyal. Asalkan, jarak antara kartu dengan reader masih berada dalam batas jangkauan.

Mifare Card

Sistem kerja pada kartu ini tidak berbeda jauh dengan RFID card, hanya saja terdapat beberapa perbedaan. Misalnya saja, pada mifare card ini kita dapat melakukan penambahan dan perubahan data, sementara pada RFID kita tidak bisa melakukannya.

Chip Card

Kartu ini ditandai dengan adanya chip kecil yang ada pada lapisan atas kartu. Kartu ini memiliki kemampuan untuk menyimpan data dengan sistem keamanan cryptoprocessor. Tipe kartu ini biasanya dimanfaatkan untuk kartu kredit. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.