Ini, Cara Cepat Mengajari Anak Membaca dan Menulis

Anda tengah mencari cara mengajar anak membaca dan menulis dengan cepat, tetapi belum mengetahui bagaimana cara jitu yang menjadikan anak supaya dapat menulis dan membaca ketika masih di usia yang sangat belia? Maka, Anda sangat direkomendasikan untuk mengikuti berbagai tips yang akan kami suguhkan di bawah ini. Memang sih, ketika sang buah hati sudah memasuki yang namanya dunia persekolahan, anak Anda bisa langsung mempelajari berbagai macam hal dari pihak sekolah, namun tentu saja yang diajarkan oleh pihak sekolah pun tidak akan selengkap yang Anda ajarkan kepada si anak. Selain itu, belajar membaca dan menulis di sekolah tidak akan se-efektif di rumah, lantaran banyaknya teman sekelas yang harus diajarkan oleh sang guru.

Tips Mengajari Anak Membaca dan Menulis

Lantas, bagaimanakah cara cepat untuk mengajari sang anak membaca dan menulis, tetapi tetap menyenangkan? Inilah beberapa caranya:

  1. Memanfaatkan karpet alfabet. Untuk menambah kesan yang semakin menarik, biasanya banyak penjual karpet yang dijadikan sebagai alas di lantai, menjual karpetnya dengan memberikan alfabet dari A sampai Z. Nah, Anda sangat bisa sekali nih memanfaatkan karpet alfabet ini. Mengapa? Yup, dengan adanya karpet yang seperti ini, tentu akan membuat anak Anda mengingat semua huruf secara cepat. Tidak hanya itu saja, dari karpet alfabet ini, anak Anda pun bisa membaca banyak tulisan yang langsung dibuat dari karpet yang satu ini.
  2. Mengajarkan anak membaca sembari bernyanyi. Cara cepat mengajarkan anak membaca dan menulis adalah sembari bernyanyi. Ya, digunakannya cara membaca yang diselingi dengan bernyanyi ini, akan membuat si anak sangat cepat menangkap semua hal yang Anda berikan padanya. Misalkan saja, saat mengeja huruf dari A sampai dengan Z, usahakan Anda menyanyikannya dengan nada yang menyenangkan. Apabila sang buah hati sudah mengerti, cobalah langsung menuliskan huruf yang sudah diingatnya saat bernyanyi.
  3. Membaca dan menulis sambil bercerita. Selain itu, Anda juga bisa mengajarkan anak membaca dan menulis sambil menceritakan berbagai cerita di buku yang bergambar. Kenapa harus buku yang bergambar? Yap, patut untuk Anda ingat, anak akan semakin mengingat tulisan maupun bacaan apabila melihat langsung adegan yang disuguhkan oleh cerita bergambar.
  4. Usahakan jangan pernah memaksakan keinginan pada si anak. Agar anak Anda semakin cepat belajar membaca dan menulis, usahakan Anda jangan pernah memaksakan keinginan pada si anak. Adanya pemaksaan yang Anda berikan kepada si anak, hanya akan membuat sang buah hati tercinta malas untuk belajar, yang pada akhirnya akan membuat anak tidak akan pernah mampu meresapi semua tulisan dan bacaan yang dulunya pernah didapatkannya.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan, apabila ingin anak Anda belajar membaca dan menulis dengan waktu yang sangat cepat. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.