Inilah Cara Membersihkan Botol Susu Menggunakan Sunlight yang Benar

Menjaga kebersihan botol susu untuk bayi merupakan hal yang harus Anda perhatikan dengan serius. Sebab bayi adalah makhluk yang masih rentan terhadap penyakit. Untuk itu, Anda sebagai ibu harus tahu bagaimana cara membersihkan botol susu menggunakan sunlight dengan benar.

Kenapa Sunlight?

Membersihkan botol susu tidak boleh sembarangan. Semua sisi dari botol tersebut harus dibersihkan dengan cara yang benar agar tidak ada satu kumanpun yang masih tersisa. Sabun biasa belum tentu bisa membersihkan dengan sempurna. Tetapi sunlight disamping lebih mudah untuk membersihkan sisa-sisa susu, sunlight juga memberikan bau harum.

Cara Membersihkan Botol Susu Bayi

Asi ataupun jenis susu lainnya sangat mudah terkontaminasi oleh bakteri. Sehingga sisanya yang masih menempel di dalam dan di luar botol harus segera dibersihkan. Caranya sebagai berikut:

  1. Setelah susu habis dan botol sudah tidak digunakan lagi, segeralah bersihkan dengan air hangat. Kemudian pisahkan semua bagian botol mulai dari tutup botol, puting karet dan bagian lainnya.
  2. Bersihkan terlebih dulu westafel atau tempat pencuci barang dapur menggunakan disinfektan sunlight agar terbebas dari sisa kuman dan bakteri dari perkakas dapur tadi.
  3. Isi westafel atau tempat pencuci jenis lainnya dengan air panas, dan tambahkan sunlight sebagai pencucui botol susu bayi secukupnya lalu aduklah agar bercampur air dengan sempurna.
  4. Masukkan botol ke dalam westafel dan diamkan selama 5 menit.
  5. Gunakanlah sikat khusus botol untuk membersihkan bagian botol. Gosokkan ke semua sisi botol terutama pada bagian yang mudah ditempati bakteri seperti cekungan yang ada di luar ataupun di dalam botol.
  6. Bilaslah botol dengan air bersih lalu letakkan di rak yang memiliki ventilasi udara yang baik.

Dengan cara di atas, botol susu bayi Anda sudah bersih dari berbagai kotoran dan kuman. Namun, jika Anda akan menggunakannya kembali, alangkah baiknya jika Anda menyeterilkan kembali botolnya. Terlebih jika Anda menyimpannya terlalu lama.

Ada baiknya untuk menyeterilkan botol Anda menggunakan cara membersihkan botol susu bayi yang benar seperti di atas jika botolnya sudah tersimpan lama. Dan setelah kering Anda bisa langsung menggunakannya.

INGAT, bayi jangan pernah sekali-kali menggunakan botol yang belum steril. Karena bayi Anda akan lebih mudah terkontaminasi penyakit. Anda mungkin sering melihat bayi yang mengalami demam tinggi, muntaber bahkan hingga step.

Semua itu bisa terjadi karena kelalaian orang tuanya yang menyepelekan kebersihan. Agar bayi Anda tidak mengalami kejadian itu, sebaiknya Anda perhatikan cara membersihkan botol susu menggunakan sunlight dengan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.