Jangan Sampai Sakit! Bersihkan Kasur Sebulan Sekali

Akui saja: kamu rajin mengganti seprai tempat tidur tapi tidak pernah membersihkan kasurnya. Benar, kan? Mungkin kamu berpikir bahwa jika seprai sudah diganti, maka tempat tidur akan kembali bersih dan nyaman untuk ditiduri. Padahal, hal tersebut salah besar lho. Kasur sebagai tempat untuk beristirahat setiap malam, haruslah selalu bersih dan terjaga. Jika tidak dibersihkan, tahukah kamu apa saja yang ada di dalamnya? Tungau, bakteri, bahkan virus akan bersarang di dalamnya. Nggak heran deh kalau kamu terkena penyakit dan harus menggunakan asuransi kesehatan meski rajin berolahraga.

Cara Membersihkan Kasur

Membersihkan kasur sebenarnya tidak hanya sekadar ‘menyapu’nya dengan sapu lidi atau hanya menjemurnya di bawah sinar matahari. Ada cara lain yang bisa dilakukan untuk membersihkan kasur tanpa kedua cara di atas. Ini dia caranya:

  1. Ambil vacuum cleaner. Bersihkan bagian dalam vacuum cleaner dari debu dan pastikan bahwa mesin sudah bersih. Vacuum ini akan digunkan untuk membersihkan permukaan kasur.
  2. Tarik seprai yang menutupi kasur dan masukkan ke mesin cuci. Selanjutnya, bersihkan permukaan kasur dengan vacuum cleaner. Pastikan setiap sudutnya sudah dibersihkan dengan sempurna dan semua debu terangkat. Agar lebih meyakinkan, ulangi pembersihan kasur dengan vacuum cleaner selama beberapa kali. Tungau punya berbagai cara untuk melekat di permukaan kasur, jadi mengulangi proses pembersihan merupakan tindakan tepat. Selain kasur, bersihkan juga bantal, guling, dan juga bedcover
  3. Setelah dibersihkan, ambil seprai bersih dan tutupi permukaan kasur. Voila, tempat tidur kamu sekarang sudah lebih bersih dan layak ditiduri! Dengan begini, tidur kamu pun akan lebih berkualitas, nyenyak, dan pastinya lebih nyaman.

Selain tiga cara di atas, kamu bisa melengkapi cara pembersihan tempat tidurnya dengan rajin menyapu permukaan tempat tidur dengan sapu lidi. Selama beberapa minggu sekali ketika matahari sedang bersinar, jemurlah kasur serta bantal dan gulingmu. Selanjutnya, setiap sebulan sekali, barulah lakukan langkah-langkah di atas untuk menyempurnakan pembersihannya. Selamat mencoba dan semoga membantu, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.