Kenapa Harus Beli? Buat Kopi Enak Sendiri, Bisa Kok!

Untuk mengawali hari di pagi hari, paling enak minum kopi. Tentunya bagi penggemar kopi. Mereka biasanya pesan kopi atau bikin sendiri. Kalau kamu pilih yang mana?

Katanya, kopi yang dibuat barista itu lebih enak. Sebenarnya tidak juga. Asalkan kamu tahu bagaimana cara membuat kopi di pagi hari, kamu tidak harus beli secangkir kopi di kafe. Apalagi pagi hari itu waktu yang sangat cepat sekali. Kamu tidak ingin ketinggalan kereta dan akhirnya terlambat ke kantor, kan? Paling tepat kamu bikin secangkir kopi yang enak sendiri di rumah.

Pilih Kopi Yang Kamu Suka

Tips Buat Kopi SendiriAda banyak sekali ragam kopi nusantara. Kebanyakan dibagi menjadi dua, yaitu robusta dan arabica. Namun, di setiap kategori tersebut, ada banyak nama kopi.

Sebelumnya, kamu tentukan dulu kopi apa yang paling kamu suka, apakah robusta atau arabica. Kopi rubusta rasanya lebih ke asam. Sementara itu, Arabica rasanya lebih pahit.

Setelah tahu perbedaan antara dua kategori kopi tersebut, kamu bisa pilih kopi nama kopi yang cocok di lidah. Kopi luwak misalnya. Pantas jika kopi luwak ini merupakan kopi termahal, tidak hanya di Indonesia tapi bahkan di dunia lantaran rasa yang begitu enak. Bagi para pecinta kopi, mereka tahu mengapa kopi luwak ini enak. Kopi ini mengalami fementasi di dalam tubuh binatang yang bernama luwak. Proses ini membuat glukosa diambil oleh luwak serta terjadinya pengelupasan kulit buah secara alami, bukan dari proses pengeringan.

Tentu tidak hanya kopi luwak saja yang bisa kamu pilih. Ada banyak sekali jenis kopi seperti kopi Gayo, Java, Kintamani, Toraja, dan lain sebagainya.

Teknik Membuat Kopi

Yang membuat kopi enak tidak hanya dikarenakan kopinya, tapi juga teknik pembuatannya. Percuma jika kamu membeli kopi mahal tapi kamu tidak tahu cara membuat kopi yang enak.

Jika kamu tidak memiliki alat membuat kopi sejenis espresso, kamu bisa coba terapkan drip method. Bisa dikatakan ini merupakan teknik paling sederhana dalam membuat kopi yang enak. Caranya cukup taruh bubuk kopi pada kertas saring yang diletakkan di atas bejana kopi. Setelah itu, tuang air panas pada bubuk kopi secara perlahan-lahan. Kemudian, bejana dipanas. Kopi siap disajikan.

Namun, banyak orang yang merasa drip method tersebut ribet. Mereka menganggap lebih praktis membuat kopi dengan French Press. Ini alat pembuat kopi yang harganya cukup terjangkau. Cara menggunakan alat ini pun cenderung mudah. Kamu tinggal masukkan bubuk kopi sesuai dengan keinginan ke dalam alat tersebut. Kemudian, masukkan air mendidih. Aduk hingga kopi dan air benar-benar mencampur dengan sempurna. Seduh dengan cara menekan tutup French Press. Kopi yang enak buatan sendiri pun siap kamu nikmati.

Untuk menambahkan cita rasa kopi, kamu bisa menambahkan susu. Dalam ini, sebaiknya susu yang kamu gunakan itu susu yang kandungan lemaknya tinggi. Susu yang seperti inilah yang membuat cita rasa kopi semakin nikmat.

Jadi, kamu siap untuk membuat kopi di pagi hari sendiri?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.