Kendala yang Sering Terjadi Ketika Konsultasi Dokter Online

Anda yang belum pernah menggunakan fasilitas konsultasi dokter online pasti berpikir bawasannya layanan ini sangat bermanfaat. Karena Anda bisa berkonsultasi kapan saja dan dimana saja asal punya tersambung dengan internet.

Sayangnya pada kenyataannya tidak seperti yang Anda ekspektasikan. Memang tidak bisa dipungkiri jika layanan konsultasi kesehatan online bersama dokter ini sangat bermanfaat. Namun, lihat beberapa kendala yang sering dialami.

  • Respon yang Lama

Anda harus memaklumi jika pertanyaan yang Anda ajukan ke dokter melalui layanan konsultasi gratis ini akan dijawab entah beberapa jam kemudian. Hal ini disebabkan dokter juga memiliki tanggungjawab yang banyak seperti merawat pasien, memberikan treatment dan lain sebagainya.

Konsultasi Dokter Online

Jadi, pertanyaan Anda akan direspon ketika dokter sudah sedikit free. Walaupun Anda bisa konsultasi kapan saja, bukan berarti Anda akan mendapatkan jawaban seketika itu juga, bukan? Namun, hal ini tidak selalu terjadi. Karena ada juga layanan konsultasi dokter online di mana layanan tersebut memang sudah ditangani dengan baik oleh tim. Jadi, pertanyaan yang Anda tanyakan akan direspon sesegera mungkin.

  • Jawaban yang Kurang Jelas

Pasti ada perbedaan antara interaksi verbal secara langsung dengan interaksi melalui tulisan. Contoh sederhananya seperti ini. Terkadang terjadi missunderstanding ketika kita mengirimkan SMS. Berbeda jika kita langsung menelpon, bukan? Ini juga kendala yang terjadi ketika Anda berkonsultasi secara online. Terkadang pertanyaan Anda yang sudah direspon harus Anda lanjutkan dengan menanyakan pertanyaan lainnya. Sayangnya, ketika dokter sedang sibuk, pertanyaan yang kedua tersebut tidak bisa direspon secara langsung.

Untungnya, sekarang sudah ada layanan berupa live chat bersama dokter. Artinya, ada waktu khusus di mana Anda sebagai pasien bisa bertanya dan berinteraksi secara langsung melalui chat. Jadi, bisa dipastikan Anda akan langsung mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang Anda ajukan.

Tidak Semua Masalah Kesehatan Selesai dengan Cara Konsultasi Online

Memang semakin banyak orang yang menggunakan layanan konsultasi kesehatan online ini. Hanya saja, tidak semua permasalahan kesehatan bisa teratasi dengan cara ini. Contohnya saja permasalahan kesehatan yang membutuhkan pemeriksaan langsung.

Kebanyakan orang melakukan konsultasi online dengan dokter hanya untuk menanyakan gejala-gejala yang mereka rasakan. Jika dirasakan gejala tersebut semakin memburuk, tentu saja langkah selanjutnya adalah datang langsung ke tempat praktek dokter entah di klinik maupun di rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lebih intensif.

Terlepas dari kekurangan tersebut di atas, tetap saja konsultasi dokter online sangat membantu. Setidaknya masyarakat kini bisa mendapatkan edukasi tentang kesehatan langsung dari ahlinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.