Lembaga atau Organisasi Untuk Mengajukan Pinjaman

Ketika Anda sedang membutuhkan uang dan sedang ingin mengajukan pinjaman uang, mungkin hal yang pertama terpikirkan oleh Anda adalah mengajukan KTA (Kredit Tanpa Agunan) atau kredit dengan jaminan pada bank. Namun ketika seseorang membutuhkan dana tunai cepat biasanya bank akan menjadi pilihan terakhir. Alasannya? Karena proses pengajuan pinjaman di bank cenderung rumit dan membutuhkan waktu yang cukup panjang.

Ajukan Pinjaman Uang

Nah, jika Anda sekarang sedang bingung ingin mengajukan pinjaman kemana selain bank, beberapa lembaga atau organisasi ini bisa menjadi pilihan:

  • Pegadaian

Ini adalah salah satu lembaga keuangan berbadan hukum milik negara yang memberikan jasa pinjaman uang tunai kepada masyarakat yang membutuhkan. Cara untuk mendapatkan pinjaman juga cukup mudah, yaitu Anda hanya perlu membawa barang berharga Anda untuk diserahkan pada petugas. Setelah petugas melakukan taksiran berapa nominal nilai barang tersebut, maka Anda bisa mendapatkan uang tunai saat itu juga. Namun biasanya nilainya akan lebih kecil dibandingkan dengan nilai taksiran barang.

  • Pinjaman online

Pinjaman online merupakan usaha dibidang jasa yang bergerak dibidang pinjam meminjam uang namun dilakukan secara online. Saat ini sudah banyak situs yang menawarkan jasa pinjaman ini. Hal ini tentu saja menguntungkan Anda, karena bisa mendapatkan pinjaman tanpa perlu bersusah payah pergi ke suatu tempat. Sebagian besar situs ini menawarkan pinjaman dengan sistem gadai atau menjaminkan barang. Caranya yaitu Anda mengisi form aplikasi dan menuliskan jenis barang yang akan digadaikan. Setelah itu Anda hanya perlu mengirimkan barang yang dijaminkan tersebut kepada pihak kreditur dan Anda akan menerima uang langsung melalui rekening Anda.

  • Rentenir

Sebenarnya akan lebih baik jika Anda menghindari pinjaman ke rentenir, alasannya karena pada umumnya rentenir memberikan bunga pinjaman yang sangat besar. Itulah mengapa banyak sekali debitur yang mengalami masalah pembayaran (kredit macet) hingga akhirnya aset yang dijaminkan disita oleh kreditur. Hal ini berlaku bagi rentenir individu maupun rentenir yang berbentuk perusahaan.

Setelah mendapatkan penjelasan di atas, sekarang Anda tidak perlu lagi bingung ketika membutuhkan dana tunai dalam waktu cepat. Sebab, tidak hanya bank saja yang bisa Anda jadikan sumber dana. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.