Memilih Pipa yang Tepat Untuk Saluran Air di Rumah Anda

Harga pipa dan jenisnya di pasaran ternyata cukup bervariasi. Biasanya untuk saluran air rumah tangga, jenis pipa yang biasa digunakan adalah pipa PVC dan PE. Sedangkan untuk jenis pipa logam kini sudah mulai berkurang penggunaannya. Meskipun demikian banyak yang tidak pernah tahu, merk pipa apa yang bagus kualitasnya. Bahkan kebanyakan orang memilih jenis pipa saluran air dengan melihat dari segi harga pipa yang paling murah tanpa mengetahui kualitas dari pipa tersebut.

Untuk lebih memudahkan Anda untuk lebih mengetahui pipa mana yang memang Anda butuhkan, berikut beberapa tips memilih pipa kebutuhan saluran air di rumah Anda!

Pastikan Anda mengenali jenis-jenis pipa

Seperti yang disebutkan di paragraph awal, jenis pipa yang kini banyak digunakan yaitu PVC (polyvinyl chloride) dan PE (polyethylene). Jenis pipa PVC juga disebut sebagai pipa paralon dengan warna putih. Bahan dasarnya menggunakan plastik dengan bentuk yang cenderung kaku dan keras. Jenis pipa ini biasa kita lihat di rumah-rumah sebagai saluran untuk pembuangan air dari atap rumah. Ngomong ukuran, pipa PVC umumnya dijual dengan minimal panjang 4 meter, dan umumnya pipa jenis ini akan membutuhkan sambungan.

Jenis pipa PE berbeda dengan pipa PVC karena jenis pipa ini jauh lebih elastis dan bisa digulung. Pipa yang berwarna hitam dan kuning banyak dijual dalam bentuk gulungan panjang, sehingga tidak membutuhkan banyak fitting. Pipa PE sendiri digunakan untuk saluran air bersih atau pipa air langsung minum.

Pahami juga tentang spesifikasi pipa

Kita tahulah bahwa merk pipa di Indonesia sudah banyak, dan setiap merk tersebut punya kualitas yang berbeda-beda. Untuk memudahkan dalam menilai kualitas pipa, coba tekan pipa hingga bagian dalam pada pipa tersebut saling bertemu. Jika tidak ada bagian yang terbelah atau pecah, maka pipa tersebut kualitasnya baik untuk bisa Anda gunakan.

Pipa

Jika kebutuhan Anda untuk bisa alirkan air dengan tekanan cukup tinggi, seperti pipa untuk pompa ini tentu jenis pipa yang akan digunakan harus memiliki spesifikasi yang berbeda. Dan pipa yang dibutuhkan adalah jenis pipa AW, karena pipa ini punya ketebalan yang jauh lebih besar dari pipa lainnya.

Dan untuk saluran air panas, seperti untuk penggunaan water heater maka spesifikasi pipa pun juga akan berbeda. Spesifikasi pipa haruslah disesuaikan dengan water heater tersebut. Untuk itu, pastikan untuk memilih pipa yang mampu menahan panas air yang dihasilkan oleh pemanas air. Ada 3 jenis pipa untuk kebutuhan ini, Anda bisa memilih antara PERT, PEX, dan PPR.

Pilih pipa sesuai ukuran dan juga kebutuhan

Jenis pipa yang fungsinya berbeda, ukuran yang dibutuhkan juga akan berbeda juga. Untuk penggunaan saluran air bersih biasanya miliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan pipa untuk saluran air kotor. Umumnya pipa air bersih akan miliki diameter 0,5 inci hingga 1,5 inci.

Untuk kebutuhan sebagai saluran air kotor ada banyak ukuran yang biasa dijual di pasaran, mulai dari 2 inci, 3 inci, dan 4 inci. Fungsinya pun dari setiap ukuran itu berbeda-beda juga bisa untuk saluran air hujan, pembuangan dari kamar mandi dan cucian, bahkan bisa sebagai saluran untuk pembuangan kotoran dari toilet.

Jangan lupakan tentang fitting dan perekat

pastikan Anda sudah menyiapkan peralatan dan perekatan. Untuk fitting atau sambungan pipa, pastikan pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan sesuaikan dengan ukuran pipa yang Anda pilih. Dan pada saat fitting, Anda akan melakukan proses pemotongan untuk memastikan setiap panjang pipa sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan untuk perekat, biasanya di pasaran ada 2 jenis perekat biasa atau solvent cement. Bagi Anda yang masih bingung untuk fitting dan perekat, sudah banyak artikel tips memotong dan menyambung pipa PVC yang bisa diakses oleh Anda.

Proses pengeringan perekat biasa biasanya butuh waktu 1-2 jam, dan untuk kekuatan sambungannya sendiri tergantung daya rekat atau adhesive materialnya. Solvent cement, proses pengeringannya akan butuh lebih lama sekitar 6-24 jam untuk bisa menyatukan sambungan/fitting dengan pipa. Namun lamanya ini akan membuat sambungan akan menjadi lebih kuat dan tahan lama.

Ternyata tidak mudah yah memilih jenis pipa yang tepat untuk saluran air di rumah! Tapi dengan Anda lebih teliti, kualitas yang akan Anda dapatkan bisa lebih terjamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.