Mengenal Investasi Saham Berjangka

Investasi saham berjangka biasanya banyak dilakukan oleh para pelaku bisnis yang selalu berurusan dengan suatu perusahaan. Siapa yang tidak tergiur mendengar kata saham. Saham merupakan bukti kepemilikan akan suatu perusahaan. Dengan memiliki saham berarti kita bisa memperoleh keuntungan dari laba yang dihasilkan perusahaan.

Harga saham bisa mengalami pasang surut dan inilah yang banyak dikhawatirkan orang dalam melakoni bisnis investasi saham berjangka. Tidak jarang pemilik saham hanya berniat untuk memperjualbelikannya saja tanpa berniat untuk memiliki dan mengembangkan seutuhnya. Dengan begitu, pemilik saham bisa memperoleh keuntungan yang terjadi karena kenaikan harga saham.

  • Mengenal Investasi Saham Berjangka

Untung tidaknya investasi saham tergantung dari bagaimana kemampuan pemilik saham dalam membaca setiap situasi. Beberapa hal yang harus kita ketahui dalam melakukan investasi saham adalah sebagai berikut:

  • Mempelajari Hal Dasar

Investasi Saham BerjangkaMempelajari apa yang kita geluti memang sudah menjadi kewajiban terutama bila ini menyangkut bisnis dan investasi. Investasi saham tentu berbeda dengan perdagangan berjangka. Perbedaan tersebut terletak dalam hal satuan harga serta strukturnya. Maka, sebelum benar-benar terjun ada baiknya mempelajari perbedaan keduanya agar tidak salah langkah.

  • Satuan Perhitungan

Dalam Investasi Saham Berjangka, setiap saham dihargai dengan satuan yang dinamakan lot. Ini berarti 1 lot adalah sama dengan 500 lembar saham. Bisa juga hal tersebut dihargai dengan Rupiah untuk per lembarnya. Namun mekanisme satuan perhitungannya sudah mutlak seperti itu.

  • Jangka Waktu

Jangka waktu kepemilikan atau penyimpanan saham bisa sampai bertahun-tahun. Sedangkan untuk investasi berjangka biasanya ada masa kadaluarsanya. Sehingga investasi saham dirasa lebih menguntungkan dan lebih aman.

  • Margin Requirement

Margin requirement dalam investasi saham tidak sebesar investasi berjangka. Hal ini memang membuatnya lebih bisa bermain aman namun kurang bisa mendongkrak keuntungan yang lebih besar.

Bisa disimpulkan bahwa investasi saham adalah bentuk investasi yang aman untuk dijalankan. Jangka waktu yang digunakan bisa disesuaikan. Kita bisa menjualnya sekalipun dalam jangka waktu yang pendek bila dirasa saham tersebut memiliki nilai jual yang tinggi. Itulah informasi mengenai bisnis investasi saham berjangka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.