Merawat Lapangan Futsal Yang Menggunakan Rumput Buatan

Menggunakan rumput sintetis untuk lapangan futsal merupakan trend yang sedang mewabah, baik di Mancanegara maupun Indonesia. Orang awam menyebutnya rumput buatan. Rumput buatan ini biasanya terbuat dari serat silikon atau bahan lain, tergantung dari masing-masing perusahaan yang memproduksi rumput ini. Panjang serat dari rumput ini biasanya 35 mm, 40 mm, dan 50 mm.

Cara perawatan rumput ini pun sangat berbeda dengan rumput asli yang ada pada lapangan di stadion sepak bola. Rumput yang ada di lapangan sepak bola harus dirawat dengan menyiramnya setiap hari. Sedangkan rumput buatan ini tidak memerlukan air dalam perawatannya, karena rumput ini didesain dan dibuat dengan bahan yang anti terhadap air.

Untuk merawat sebuah lapangan futsal yang menggunakan rumput buatan di perlukan beberapa hal:

  • Lakukan pengecekan lapangan minimal satu kali dalam seminggu

Lapangan FutsalHal yang harus dilakukan yaitu mencek lapangan minimal satu kali dalam seminggu, supaya lapangan tidak kotor atau berdebu. Hal Ini di lakukan untuk menghindari kerusakan pada rumput buatan yang digunakan lapangan futsal. Tidak jarang di sebagian lapangan futsal rumput buatan ini cepat lepas, dikarenakan kelalaian pada saat pemasangan rumput buatan dan ada juga gesekan dari sepatu para pemain.

  • Bersihkan rumput buatan dari debu yang menempel

Gunakan vacum cleaner untuk menyedot habis debu-debu yang ada pada rumput buatan ini. Lakukan secara rutin dan biasakan membersihkannya sebelum lapangan futsal buka. Ini demi kenyamanan para pemain yang menggunakan lapangan futsal. Apabila lapangan sudah bersih, maka para pemain yang akan mempergunakan lapangan futsal merasa nyaman dan aman.

  • Membuat peraturan dalam penggunaaan lapangan futsal

Sebelum lapangan futsal digunakan, biasakan untuk memberitahukan kepada para penyewa lapangan futsal tersebut tentang peraturan-peraturan ada di lapangan futsal tersebut seperti : di larang meludah di dalam lapangan futsal, wajib untuk memakai sepatu karet atau futsal, wajib untuk memakai kaos pada saat bermain futsal di lapangan, para pemain kelengkapan lainnya (decker, kaos kaki, sarung tangan untuk penjaga gawang). Sehingga lapangan futsal pun akan terus bersih.

Terima Kasih, –Sh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.