Oleh-Oleh Khas Indonesia Favoritnya Wisatawan Luar Negeri

Indonesia adalah salah satu negara eksotis di Asia yang masuk dalam daftar ‘must visit‘. Orang asing yang berkunjung ke Indonesia biasanya banyak yang menjadikan pantai sebagai tempat tujuannya. Namun disamping itu, banyak dari wisatawan yang penasaran dengan desa wisatanya. Lebih dari itu, ada begitu banyak oleh-oleh khas Indonesia yang menarik dan otentik tentunya. Berikut adalah beberapa oleh-oleh yang disukai wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia:

  • Batik

Oleh-Oleh Khas Indonesia Favorit Wisatawan Luar NegeriBatik adalah oleh-oleh yang khas dari Indonesia. Ini adalah oleh-oleh yang sangat praktis namun mewakili Indonesia. Kain batik terutama batik tulis sudah terkenal di mancanegara sebagai warisan budaya Indonesia. Ini dia salah satu faktor dan alasan batik menjadi tenar di dunia dan menjadi salah oleh-oleh favorit para wisatawan domestik maupun mancanegara.

  • Makanan khas

Oleh-oleh berupa makanan khas tentunya tidak boleh terlewatkan. Indonesia kaya akan kuliner khasnya. Berbagai macam kuliner dibuat sedemikian rupa sehingga bisa menjadi oleh-oleh yang khas sehabis berkunjung dari Indonesia. Beberapa makanan yang bisa menjadi oleh-oleh seperti dodol Garut, keripik Maicih Bandung, Bakpia Jogja, kerupuk Palembang, dan masih banyak lagi. Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan oleh-oleh khasnya masing-masing yang otentik.

  • Miniatur khas Indonesia

Ada juga oleh-oleh khas Indonesia yang berupa miniatur. Ada miniatur becak, delman, bahkan miniatur bemo. Biasanya miniatur-miniatur ini terbuat dari kayu dan dibuat oleh pengrajin asli Indonesia dari berbagai daerah. Ini bisa menjadi oleh-oleh yang menarik dan simple untuk dibawa.

  • Mie Instan

Siapa sangka jika mie instan Indonesia sudah populer di luar negeri. Ya, tidak sedikit ternyata turis yang membeli mie instan di Indonesia sebagai oleh-oleh untuk dibawa ke negara asalnya. Hal ini bisa dimungkinkan karena mie instan Indonesia memiliki cita rasa khas Nusantara yang cukup lengkap mulai dari rasa soto, kari, empal gentong, mie kocok Bandung, bahkan rasa sate pun tersedia.

Ada begitu banyak tempat untuk dikunjungi di Indonesia. Setiap tempat menawarkan oleh-oleh tersendiri yang khas. Oleh-oleh khas Indonesia sangat beragam mulai dari kerajinan sampai makanan. Semuanya mewakili identitas dan kebudayaan masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.