Paling Lama dan Ringan, Belum Tentu Murah!

Anda sedang mencari kredit kendaraan bermotor dengan angsuran paling ringan? Ya, Anda tidak sendirian. Banyak perusahaan leasing sepeda motor yang gencar menawarkan kredit motor kepada Anda, dan seharusnya, Anda tidak kesulitan untuk menemukan salah satunya. Namun demikian, Anda harus hati-hati dengan iklan yang menawarkan kredit motor paling murah. Dalam kredit, ada beberapa aturan keuangan yang mungkin Anda tidak ketahui.

Nah, agar Anda bisa kredit sepeda motor paling murah tapi aman, berikut tips yang bisa Anda terapkan.

Yakin Sudah Siap Secara Keuangan?

Dalam kredit, ada dua hal yang kita perhitungkan: uang muka dan cicilan bulanan. Uang muka mungkin sudah bisa kita dapat, tapi cicilan bulanan harus kita bayarkan secara berkala tanpa terlambat jika tidak akan semakin membengkak. Nah, yang paling berat adalah cicilan bulanannya ini.

Kredit Kendaraan Bermotor

Dengan kondisi keuangan Anda sekarang, Anda sebaiknya yakin bahwa Anda bisa melunasi semua cicilannya sesuai dengan lama kredit yang Anda pilih. Jangan sampai, kredit Anda macet dan bukannya untung, Anda sudah bayar banyak tapi sepeda motor Anda ditarik oleh leasing.

Paling Lama Vs  Paling Murah

Jika Anda mencari kredit kendaraan bermotor baik sepeda motor ataupun mobil dengan cicilan termurah, kemungkinan besar Anda akan ditawari skema kredit paling lama dengan uang muka paling rendah. Kalau termurah diartikan sebagai jumlah uang paling sedikit yang kita bayar setiap bulannya, maka skema kredit inilah yang Anda butuhkan.

Namun, skema termurah di atas belum tentu benar. Dengan jangka kredit paling lama, maka jumlah uang keseluruhan yang Anda bayar menjadi tinggi. Bahkan, jika Anda hitung, angka keuntungan leasing dibanding dengan harga pokok sepeda motor tanpa kredit bisa terpaut dua kali lipat. Anda bisa saja memilih kredit sepeda motor honda murah, tapi justru uang yang Anda bayar menjadi berlipat-lipat, tanpa sadar sudah masuk ke dalam kredit paling mahal.

Perbanyak Uang Muka dengan Jangka Waktu Paling Pendek

Melihat kondisi di atas, maka kredit termurah adalah dengan memilih kredit dengan uang muka paling banyak yang bisa Anda bayar, dan jangka waktu paling pendek (dengan catatan, Anda yakin bisa membayar cicilan kredit tiap bulan secara rutin tanpa tunggakan).

Selain itu, pahami bunga sebelum mengajukan kredit juga akan membantu Anda mendapatkan kredit yang tidak akan memberatkan. Nah, dengan mempertimbangkan hal di atas, Anda tidak akan terjerumus ke dalam iklan-iklan marketing yang terkadang memberatkan Anda sebagai pelanggan. Selalu pegang tiga prinsip di atas dan Anda bisa mendapatkan kredit sepeda motor termurah untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.