Pantai Gunung Payung, Keindahan Bali yang Tersembunyi di Balik Tebing

Bicara soal pariwisata di Indonesia, Bali adalah jagonya. Pulau Dewata adalah ikon wisata Indonesia yang pamornya sudah sampai ke seantero bumi. Bule Australia, Jepang, China, ASEAN, India, Timur Tengah, Eropa, Amerika, Kanada, Brazil, sampai Afrika pun banyak yang tahu soal keberadaan pulau Bali ini.Maklum saja, Bali adalah tempat yang beberapa kali menyandang gelar sebagai pulau terbaik di dunia.

Gelar ini diberikan bukan tanpa alasan. Bali adalah pulau yang dikelilingi garis pantai yang indah, lautnya jernih, alam bawah lautnya menawan, pegunungannya sejuk, desanya arif, budayanya unik, dan masyarakatnya sangat religius. Fasilitas pariwisata yang ada di Bali pun sangat lengkap. Mau tidur gampang, mau sewa mobil juga bisa, mau makan tinggal mangap, mau party tinggal nunggu malam, dan bandaranya pun termasuk yang terbaik di Indonesia.

Tapi tahu sendirikan apa resikonya kalau pamor suatu tempat sudah sampai ke berbagai negara? Ya benar, Bali sudah jadi pulau yang padat. Hampir setiap tempat wisata selalu dipenuhi turis, baik dari luar atau dalam negeri. Belum lagi masyarakat lokal yang berbaur dengan para turis tersebut. Apalagi kalau kamu datang ke pantai-pantai terkenal seperti Kuta, Dreamland, atau Seminyak, kamu akan sulit untuk mendapat suasana yang sepi.

Tapi jangan skeptis dulu. Masih ada kok tempat menarik di Bali yang tergolong cukup sepi, bahkan letaknya pun sedikit tersembunyi. Hidden paradise yang satu ini ada di desa adat Kutuh, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, atau sekitar 30 km dari Denpasar yang bisa ditempuh dengan mobil selama satu jam.

Pantai Gunung Payung
Source : www.kintamani.id

Kamu yang pernah datang atau mendengar pantai Pandawa, mungkin kamu akan berpikir kalau pantai tersembunyi yang dimaksud adalah Pandawa. Namun tentu saja bukan. Pantai Pandawa sekarang sudah terlalu terkenal dan banyak dikunjungi turis. Nama pantai tersembunyi yang dimaksud adalah Gunung Payung yang letaknya memang cukup dekat dengan pantai Pandawa. Nama pantai ini sendiri diambil dari Pura Gunung Payung yang ada di sana.

Tangga, Akses ke Pantai Gunung Payung
Source : www.kintamani.id

Untuk mencapai pantai tersembunyi ini, kamu perlu mengeluarkan tenaga sedikit lebih banyak. Begitu sampai di halaman parkir, kamu tidak akan langsung bisa mengecup bibir pantai Gunung Payung. Kamu harus terlebih dahulu melewati bukit hijau yang membuat pantai ini menjadi tersembunyi. Caranya sih cukup mudah. Pengelola pantai ini sudah menyediakan fasilitas tangga untuk menuruni bukit tersebut. Jadi kamu hanya perlu menuruni sekitar 300 anak tangga untuk bisa menginjakan kaki di atas pasir pantai. Meskipun begitu, tangga ini jelas akan menguras energi kamu saat akan kembali ke tempat parkir.

Namun saat masih berada di bukit, jangan terburu-buru untuk langsung turun ke pantai. Pemandangan di atas bukit yang ditumbuhi rerumputan ini pun sangat epic. Kamu bisa menyaksikan betapa luasnya samudra Hindia dari dataran yang tinggi seperti jika kamu datang ke Pura Uluwatu. Lautnya pun sangat cantik dengan gradasi warna biru dan hijau. Saat cuaca sedang cerah, warna air laut pun akan semakin terlihat menawan karena adanya warna biru dari langit dan secuil awan putih.

Setelah puas memandangi keindahan pantai Gunung Payung dari atas bukit, barulah kamu turun untuk mengecup bibir pantai yang eksotis ini. Pasirnya sangat halus dan bersih. Setiap orang yang ada di sana pasti ingin jalan-jalan dengan bertelanjang kaki. Pasirnya pun cocok sekali buat kamu yang ingin tanning sambil tiduran di atas tikar untuk menggelapkan kulit seperti yang sering dilakukan para bule.

Suasana yang lebih tenang di Pantai Gunung Payung ini akan berpadu dengan suara debur ombak yang menetramkan serta angin pantai yang sejuk. Jadi besar kemungkinan kalau kamu akan merasa ngantuk saat bersantai di pantai ini.

Pasir Putih di Pantai Gunung Payung
Source : www.kintamani.id

Selain berjemur, cara terbaik untuk menghabiskan waktu di pantai ini adalah bermain air dan pasir. Namun kamu perlu hati-hati saat sedang berenang, terutama jika membawa anak kecil. Ombak di pantai Gunung Payung tergolong cukup tinggi. Maklum saja, pantai ini berhadapan langsung dengan laut selatan yang terkenal ganas. Jadi lebih baik kamu jangan bermain air terlalu jauh dari bibir pantai. Sebagai bonus, kamu jika bisa melihat orang-orang yang sedang menaiki paralayang.

Buat kamu yang sudah merasa penat dengan hiruk pikuk perkotaan, datang ke Pantai Gunung Payung bisa jadi pengobatnya. Ini karena dengan berada di suasana alam yang tenang sambil mendengar suara debur ombak, dapat menjadi cara terbaik untuk melakukan relaksasi.

Jadi, ayo reservasi tiket ke Bali dari sekarang. Untuk urusan penginapan, kamu bisa pesan hotel murah di Bali di Reservasi.com. Ada banyak pilihan kamar hotel terbaik yang bisa kamu pesan dengan harga yang murah.

Well, enjoy your holiday. Jangan lupa membeli oleh-oleh khas Bali untuk keluarga di rumah, yha.

Bagikan Artikel Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.