Pantangan yang Sebaiknya Dihindari Saat Hamil

Ada beberapa pantangan yang mungkin sudah Ibu dengar saat hamil. Pantangan-pantangan ini menimbulkan pertanyaan bagi Ibu, apakah memang benar ataukah hanya mitos? Nah, jangan khawatir dalam artikel kali ini, kami akan menyebutkan beberapa pantangan yang sebaiknya dihindari beserta alasannya. Semoga bisa dijadikan pertimbangan dan jangan lupa untuk tetap meminum susu hamil atau susu UHT untuk ibu hamil agar kandungan tetap terjaga.

Pantangan untuk Ibu Hamil

  • Berendam dengan air panas

Tentunya, berendam dengan air panas memang terasa menyenangkan, terlebih untuk ibu hamil yang sering mengalami kaku di bagian otot kaki atau punggung. Hanya saja, menurut penelitian air panas ini justru tidak baik untuk ibu yang sedang hamil. Pasalnya, risiko keguguran bisa meningkat hingga dua kali lipatnya saat ibu berendam dalam air yang bersuhu panas. Untuk itu, sebaiknya hindari berendam dengan air panas. Jika ingin berendam, gunakanlah air yang hangat dan tidak terlalu panas.

  • Terlalu banyak mengonsumsi kafein

Konsumsi kafein juga harus dibatasi untuk ibu yang sedang hamil. Batas konsumsi hariannya adalah sekitar 200 mg. Jika melebihi dari itu, risikonya adalah Ibu akan mengalami kemungkinan keguguran atau bahkan bayi yang dikandung bisa lahir dengan berat badan di bawah rata-rata. Ingatlah bahwa kafein tak hanya terkandung pada kopi, tetapi juga pada teh, cokelat, dan masih banyak lagi.

  • Mengonsumsi daging yang setengah matang

Sushi dan barbeque memang menjadi makanan enak dan sering dikonsumsi oleh sebagian orang. Akan tetapi, dua makanan ini sebaiknya dihindari bagi Ibu yang sedang hamil. Mengapa? Sebab daging yang tidak dimasak hingga matang membuat Ibu berisiko terkena penyakit dari bakteri listeria, toksoplasma, atau bahkan keracunan makanan. Hal ini tentunya akan berdampak pada kehamilan dan bisa menyebabkan bayi lahir cacat.

  • Merawat kucing

Ternyata merawat kucing bagi Ibu yang sedang hamil sebetulnya juga tidak terlalu disarankan. Terlebih jika Ibu juga terlibat dalam membersihkan kotorannya. Dalam kotoran kucing tersimpan parasit yang bisa berbahaya untuk kandungan.

Selain itu masih ada beberapa pantangan lain yang sebaiknya dihindari meskipun mungkin beberapa di antarnya belum terbukti membahayakan kandungan. Seperti bolehkah ibu hamil tidur telentang? Atau jika Ibu merasa ragu ada baiknya lakukan konsultasi dengan dokter kandungan yang menangani Ibu. Jangan lupa juga untuk menjaga konsumsi air putih agar tidak dehidrasi dan rajin makan makanan yang bergizi. Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.