Part 1 – Kuliner Asli Indonesia yang Terkenal di Luar Negeri

Bagi Anda yang suka kuliner, mencicipi makanan khas setiap kali berlibur ke suatu wilayah dengan Mitsubishi Pajero Sport Anda adalah sebuah kewajiban. Bahkan jika Anda harus menempuh medan yang berat dan terjal sekalipun jika itu dapat terbayar dengan makanan khas yang tidak bisa Anda temui di tempat lain, Anda akan melakukannya tanpa ragu. Untuk itu, Anda merasa sangat bersyukur karena bisa tinggal di Indonesia. Indonesia memiliki beragam kuliner khas yang rasanya tidak pernah habis untuk ditelusuri.

Nah, jika Anda belum tahu, ternyata ada lho beberapa kuliner asli Indonesia yang cukup terkenal di luar negeri. Bahkan, kalau Anda sedang berlibur ke Eropa atau Amerika, misalnya, Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan kuliner khas Indonesia. Wih, bangga banget ya rasanya! Sebab masakan asli Indonesia ini bisa berjaya di luar sana. Hmm, apa saja sih makanan yang terkenal itu? Simak daftarnya!

Gado-Gado

Yap, siapa sangka makanan yang bisa dikatakan sederhana ini terkenal di luar negeri? Bahkan, resep asli gado-gado ini berhasil memenangi kompetisi memasak di Napoli pada tahun 2010, lho. Keren! Banyak orang yang menyatakan kalau gado-gado adalah salad Jawa.

Gado-Gado

Sebab, makanan yang dikreasikan dari sayur-sayuran ini nantinya akan disiram dengan saus kacang yang nikmat. Tidak lupa juga ditambah lontong, telur, tempe, dan juga tahu. Cara makannya gampang saja, yaitu dengan mengaduk semua bahan menjadi satu hingga tercampur dengan saus kacang. Gurih dan lezat!

Tempe

Bicara kuliner Indonesia tentunya tidak akan lengkap jika kita tidak membicarakan tempe. Yap, tempe merupakan sejenis bahan makanan yang bisa dimakan langsung dengan cara digoreng, atau diolah menjadi penganan lain yang tak kalah nikmat.

Aneka Sajian Tempe

Rasanya, hampir tidak ada satu pun masyarakat Indonesia yang tidak pernah mengonsumsi tempe. Bahan dasarnya yang sederhana namun kaya manfaat ini kemudian menjadi perhatian para chef internasional untuk mengolah dan menjadikannya sebagai bahan dasar dari resep racikannya. Hasilnya, tentu saja sangat menakjubkan!

Soto

Tidak bisa disangkal, Indonesia itu punya banyak sekali jenis soto. Ada soto betawi, soto madura, soto ayam, soto lamongan, soto makassar, dan masih banyak lagi! Rasanya, hampir setiap daerah punya soto khas mereka sendiri, deh. Akan tetapi, pada dasarnya, soto adalah campuran antara sayuran dan daging yang kemudian disiram dengan kuah kaldu.

Hidangan Soto

Lalu, bisa juga ditambahkan dengan bihun, lontong, jeroan, dan lain sebagainya. Makanan ini tidak hanya terkenal di Indonesia saja, tetapi juga di Suriname (karena dibawa oleh para imigran Jawa) dan juga di Jepang. Rasa soto yang kaya dan juga segar mungkin menjadi alasan mengapa makanan ini cukup diminati.

Itu dia tiga makanan yang terkenal di luar negeri. Yuk, baca lanjutannya di part 2!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.