Pembatasan Koneksi Internet di Kantor

Mungkin Anda pernah merasakan kejengkelan yang membuat Anda sedikit marah, gara-gara waktu mau mengirimkan email ke client, akan tetapi gagal terus di akibatkan internet di kantor Anda lemot. Padahal kantor Anda sudah berlangganan internet unlimited tanpa batasan kuota dan memiliki bandwith yang cukup besar. Apakah Anda tahu? Hal ini diakibatkan oleh karyawan yang tidak bertanggung jawab yang menggunakan internet kantor untuk kepentingan pribadi mereka contohnya mendownload film dan menonton film streaming.

Banyaknya karyawan yang menggunakan internet untuk kepentingan pribadinya, maka banyak juga kantor yang mengakali hal tersebut dengan cara membatasi dan mengatur koneksi internet. Hal ini bertujuan agar semua karyawan bisa menggunakan internet dan tidak terjadi kelemotan lagi pada saat internet benar-benar dibutuhkan.

Buat apa sih koneksi internet di kantor harus diatur dan dibatasi?

  • Mendukung Pekerjaan

Koneksi internet di kantor bertujuan untuk mendukung pekerjaan semua karyawan. Apabila internet lemot gara-gara adanya karyawan yang tidak bertanggung jawab memakai internet seenak jidatnya, maka akan membuat proses pekerjaan karyawan lain terganggu. Pada saat karyawan yang lainnya benar-benar membutuhkan internet untuk kepentingan kantor tapi internet lemot, so pasti mereka akan kesal dan bete. Inilah alasan yang membuat kantor membatasi dan mengatur koneksi internet di kantornya.

  • Mengamankan data

Alasan Internet Kantor DibatasiBagi semua perusahaan, data adalah segalanya. Oleh sebab itu perlu dijaga. Jika semua situs diizinkan dibuka, bisa jadi karyawan di kantor mengakses situs-situs p*rno, ke*gen, software bajakan, dan crack yang kemungkinan mengandung virus. Nah, jika virus berhasil menginfeksi satu buah komputer di kantor, ada kemungkinan ia akan menyebar melalui jaringan di kantor. Ini membahayakan data kantor.

  • Menghindari penyalahgunaan internet

Anda mungkin tidak akan tahu jika ternyata salah satu karyawan di kantor Anda adalah seorang cracker, ia melakukan perbuatan ilegal menggunakan internet di kantor. Ujung-ujungnya kantor juga yang repot ketika nanti berurusan dengan pihak berwajib.

  • Social media boleh, tapi… ?

Jika Anda seorang atasan pasti akan jengkel melihat anak buah Anda setiap waktu sibuk fesbukan dan twitteran, sementara itu pekerjaan menumpuk. Jadi, agar jam kerja benar-benar digunakan untuk bekerja, perlu membatasi URL seperti facebook, twitter, myspace, youtube, dsb.

Demikianlah beberapa alasan pembatasan internet di kantor, semua ini bertujuan untuk keamanan data, efektifitas, dan efisiensi. Semoga Bermanfaat –Sh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.