Perhatikan Plus dan Minus Modifikasi Komponen Mobil Berikut Ini

Ada banyak sekali kesalahan yang sering dilakukan oleh pengendara mobil. Salah satunya adalah dengan melakukan modifikasi komponen mobil tanpa tahu sisi negatif dari pengubahan komponen tersebut. Akibatnya, pemilik mobil mengalami kesulitan saat ingin perpanjang atau beli polis asuransi mobil baru.

Memang, banyak pengendara mobil yang melakukan modifikasi dengan tujuan untuk membuat mobil mereka tampak berbeda dan tentunya terlihat lebih menarik. Hanya saja, jika tidak dilakukan dengan hati-hati, maka jangan heran jika penggantian komponen mobil tersebut malah mengundang celaka.

Simak plus dan minus modifikasi mobil dalam artikel berikut ini!

1. Pelek dan Ban

Dua elemen ini merupakan komponen yang paling ‘rajin’ diganti oleh para pemilik mobil. Pasalnya, banyak pemilik yang merasa tidak puas dengan keberadaan pelek dan ban mobil bawaan dari pabrik. Banyak pengguna yang memilih memodifnya sendiri dengan mengganti pelek dan ban yang lebih sporty.

Modifikasi Komponen Mobil

Hal ini tentunya akan menambah nilai positif pada mobil Anda. Hanya saja, Anda juga perlu memperhatikan dimensi pelek dan ban. Sebab mobil yang Anda kendarai akan digunakan setiap hati sehingga pengubahan kaki-kaki jaringnya yang melebihi batas maksimum bisa memengaruhi kenyamanan dalam berkendara.

2. Ground Clearance

Selain pelek dan ban, banyak juga pemilik mobil yang senang menurunkan ground clearance mereka sehingga membuat mobil menjadi lebih ceper. Keuntungan memiliki ground clearance yang rendah adalah tampilan mobil menjadi lebih stylish, berbeda dari mobil lainnya, dan juga mendapat daya aerodinamis yang lebih baik. Hanya saja, tentunya mengubah ketinggian ground clearance ini juga memiliki banyak kekurangan.

Sebab jika Anda membuat mobil menjadi sangat ceper, modifikasi ini juga membahayakan Anda. Anda akan kesulitan ketika bermanuver, tidak bisa sembarang melewati jalan berlubang, dan membuat bagian bawah mobil Anda tergesek setiap kali melewati polisi tidur. Selain itu, ketika jalanan tergenang air pasca hujan pun, Anda harus berhati-hati agar air tidak masuk ke dalam mobil saking rendahnya.

3. Bumper

Ini dia elemen mobil yang juga sering dimodifikasi. Memang, cara termudah untuk mengubah tampilan mobil dari versi pabrik ke versi kreasi Anda adalah dengan mengganti bumper depan dan belakang. Copot saja bumper asli dari pabrik dan menggantinya dengan aftermarket! Maka, mobil Anda pun berubah sesuai dengan keinginan Anda.

Akan tetapi, jika Anda tidak teliti ketika proses pemasangan bumper baru, maka bumper aftermarket ini bisa menutup sensor air bag pada bagian depan mobil. Dengan demikian, ketika ada kecelakaan atau ada benturan, air bag ini tidak berfungsi dan bisa menyebabkan pengemudi serta penumpang di dalam mobil celaka.

Nah, semoga informasi ini bisa membantu Anda, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.