Rumah Mungil Ala Park House Karya Another Apartment

Masalah lahan merupakan satu masalah yang belum terpecahkan di Jepang. Tak heran jika para arsiteknya berlomba-lomba untuk memecahkan masalah tersebut dengan terobosan-terobosan di bidang desain. Salah satu terobosan yang pernah dilakukan adalah membuat sebuah rumah dengan lahan sempit namun tetap fungsional. Jadi, meski ruangannya terbatas tingkat kenyamanannya tetap tinggi layaknya unit apartemen di jajaran properti Indonesia. Hmm, masuk akal tidak, ya?

Nah, salah satu studio arsitek di Jepang yang bernama Another Apartment berusaha untuk menjawab permasalahan tersebut. Mereka membuat rancangan sebuah rumah di lahan seadanya, namun dengan fasilitas yang mumpuni. Lahan yang tersedia boleh terbatas, namun kenyamanan dan keamanan menjadi daya tarik rumah ini. Penasaran? Simak liputan lengkapnya.

Berdiri di seberang sebuah taman, Another Apartment menyelesaikan sebuah proyek properti berupa rumah bernama Park House. Park House merupakan sebuah rumah tiga lantai yang berada di pinggiran Tokyo dengan lahan yang sangat sempit. Fasadnya terbuat dari kaca, karena salah satu arsitek dari Another Apartment menghendaki pemandangan langsung ke taman untuk memberi kesan sejuk pada penghuni.

Rumah Mungil Ala Park House Karya Another Apartment

Meski berukuran kecil, rumah ini tetap terlihat artistik dan tidak kalah menarik dibanding rumah di kanan dan kirinya. Lantai pertama berisi garasi untuk satu mobil, pintu masuk untuk menyambut tamu, dan juga sebuah kamar mandi. Menaiki lantai kedua, pengunjung akan disambut dengan ruang tamu, kamar tidur, dapur, dan atap miring yang artistik.

Lucunya, tangga di dalam rumah yang menghubungkan lantai dua dengan lantai tiga dibentuk melayang dengan menempel pada salah satu dinding dan tanpa pegangan.  Hal ini tentunya tidak dibuat tanpa alasan, sebab penempatan tangga seperti ini justru membuat ruangan tampak lebih luas. Terlebih, modelnya yang unik memberi kesan tersendiri dalam interior dalam rumah. Lebih lanjut, Kobayashi juga menambahkan bahwa tangga tersebut dibuat seolah tiba-tiba muncul dari dinding.

Park House yang dibuat oleh Another Apartment ini berhasil menjawab pertanyaan masyarakat Jepang terhadap sebuah rumah berukuran kecil namun tetap fungsional. Tertarik untuk memilikinya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.