Stop Melakukan Hal Ini Agar Anda Terhidar dari Masalah Bibir Pecah-Pecah

Memang benar wanita lebih sering mengalami masalah bibir pecah-pecah daripada pria. Dan hal tersebut kemudian dihubungkan dengan kosmetik yang dipakai oleh kaum hawa, yaitu lipstik.

Dan akhirnya, para produsen kosmetik berlomba-lomba membuat sebuah produk lipstik yang tidak akan membuat bibir pecah-pecah. Ada juga produk yang disebut dengan pelembab bibir atau lip balm yang ternyata justru membuat bibir semakin kering.

Lalu, apa yang sebenarnya harus dilakukan?

Bukan Sekedar Tips Mengatasi Bibir Kering atau Pecah-Pecah

Bibir Pecah Pecah
Gambar : Vaseline

Jika kamu seorang wanita yang sudah mencoba semua tips mengatasi bibir pecah-pecah tapi belum berhasil juga, coba kamu tinggalkan kebiasaan berikut ini.

  1. Menjilat Bibir

Cara yang paling alami untuk melembabkan bibir atau setidaknya mencegah bibir terlihat kasar, kering, dan pecah-pecah adalah dengan menjilat bibir. Logikanya memang seperti itu. Namun, secara ilmiah, justru hal tersebut membuat bibir kamu semakin mudah kering lho. Kenapa? Karena air liur yang menempel pada bibir kamu itu akan membuat kulit bibir semakin tipis. Pada saat yang sama, kelembaban alami pun tidak bisa didapatkan. Jadi, stop menjilat bibir ya.

  1. Menggigit Bibir

Ada yang bilang saat wanita menggigit bibir itu terlihat seksi. Makanya, ada juga sebuah teori psikologi yang menebak apa makna wanita yang sering menggigit bibirnya. Dan ternyata, menurut ilmu psikologi, wanita tersebut itu tipe penggoda.

Terlepas benar atau salah teori tersebut, menggigit bibir itu juga yang menyebabkan bibir pecah-pecah lho. Efeknya lebih parah dari sekedar menjilat bibir. Pasalnya, menggigit bibir bisa membuat kulit terkelupas dan mengalami iritasi. Dan ini akhirnya membuat bibir semakin kering dan tidak menarik.

  1. Mengkonsumsi Makanan Yang Pedas

Saat mengkonsumsi makanan yang pedas, memang bibir terlihat begitu halus, lembut, dan lembab. Sayangnya, itu hanya sementara saja. Makanan pedas bisa menyebabkan peradangan yang akhirnya membuat bibir menjadi kasar dan pecah-pecah.

Jadi, stop melakukan 3 hal tersebut.

Jangan Anggap Sepele Masalah Bibir Pecah-Pecah

Banyak orang yang menganggap bibir pecah-pecah itu tanda dehidrasi. Sayangnya, bukan hanya dehidrasi. Menurut penelitian medis, ada beberapa penyakit berbahaya lainnya yang ternyata diawali dengan masalah bibir kering.

Salah satunya adalah IBS atau sindrom iritasi usus. Ini merupakan kondisi ketika usus meradang yang kemudian panasnya membuat bibir pecah-pecah. Selain itu, ada juga penyakit herpes, penyakit Kawasaki, dan Pellagra yang juga diawali dengan munculnya masalah bibir pecah-pecah.

Maka dari itu, jangan anggap sepele hal tersebut. Pencegahan perlu dilakukan seperti jangan sampai lupa mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak, sering makan buah-buahan yang mengandung vitamin C dan E, serta minum madu. Setidaknya itu yang hal mudah yang bisa dilakukan untuk mencegah bibir pecah-pecah.

Bagikan Artikel Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.