Strategi Jitu Traveloka.com Kalahkan Para Kompetitor

Bisnis yang kecil akan berubah menjadi besar jika semakin banyak orang yang percaya. Kepercayaan ini awalnya dari customers saja namun selanjutnya timbul kepercayaan dari pihak lain yang akhirnya menaruh investasi di bisnis tersebut.

Dan inilah ringkasan perjalanan yang dilakukan oleh traveloka.com. Awalnya orang mungkin mencibir kemunculan startup ini. Namun, siapa sangka jika saat ini traveloka merupakan start-up yang dilirik oleh banyak orang, entah itu calon pencari kerja, pihak yang ingin bekerjasama dan juga calon investor.

Dan ini kesuksesan traveloka. Dulu ketika traveloka muncul, pihak manajemen hanya membidik pasar domestik saja. Kini, Anda bisa memesan tiket pesawat internasional melalui aplikasi ini. Apalagi sepertinya traveloka sudah siap untuk mengucapkan selamat datang kepada calon investor yang akan menanamkan dana yang tidak sedikit untuk memajukan traveloka.

Langkah Traveloka yang Harusnya Diikuti Kompetitor Lain

Tidak salah jika di dalam bisnis harus ada melakukan imitasi kemudian adaptasi. Dan traveloka tepat jika dijadikan contoh bagi kompetitor yang lain. Sayangnya sepertinya sulit bagi kompetitor lain meniru apa yang dilakukan oleh manajemen traveloka. Langkahnya sudah sangat jauh sehingga kompetitor harus benar-benar berlari jika tidak ingin tertinggal.

traveloka.com

Lihat saja apa yang dilakukan oleh traveloka dalam jangka pendek ini. Aplikasi ini akan merangkul lebih banyak stakeholder, tidak hanya maskapai dan manajemen hotel saja tapi juga perusahaan lain seperti standard chartered. Tidak lain tujuannya agar semakin luas cakupan pasar yang didapatkan oleh traveloka.

Bukan tidak mungkin pangsa pasar suatu saat nanti akan lebih banyak dikuasai oleh traveloka dan kompetitor lainnya siap untuk menjadi penonton.

Bagaimana dengan Pelayanan

Lebih maju berarti harus lebih memperbaiki dalam hal pelayanan. Karena terkadang sebuah bisnis yang berkembang cenderung memiliki kualitas yang kurang bagus, entah karena faktor manajemen kualitas layanan yang kurang terkontrol atau ada faktor lain.

Akan tetapi tidak dengan traveloka. Contoh kecilnya saja seperti proses refund tiket pesawat. Siapapun tidak ingin penerbangannya tertunda. Namun, jika hal tersebut terjadi, tentu pihak traveloka yang menjadi agen penjualan tiket pesawat harus ikut bertanggungjawab dengan proses refund.

Dan hal ini sudah diantisipasi oleh pihak manajemen. Kalaupun pihak pelanggan yang membatalkan pembayaran, pihak traveloka bisa melakukan refund jika memang persyaratan sudah dilengkapi.

Jadi, sepertinya traveloka akan semakin siap untuk menjawab tantangan di bidang penjualan tiket pesawat online di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.