Tips Pasang Instalasi Pipa Air Panas

Apakah berbeda ketika pasang instalasi saluran air di dapur dan pada kamar mandi khususnya jika menggunakan pemanas air? Sepertinya tidak yah, karena pemasangan instalasi sendiri akan mengikuti kontur dinding rumah. Tidak hanya menggunakan pipa panjang, namun pasti akan menggunakan sambungan pipa yang jumlahnya akan disesuaikan dengan kebutuhan.

Berhubungan dengan instalasi pipa air panas, jelas ini akan sangat berbeda dengan instalasi pipa saluran air biasa. Sudah jelas akan ada banyak hal yang mesti diperhatikan, mulai dari jenis pipa, sambungan pipa dan keran yang nantinya akan digunakan.  Selain ke-3 hal tadi yang harus dipersiapkan, berikut beberapa tips memasang instalasi pipa air panas yang patut Anda perhatikan:

  • Instalasi Pipa Air PanasMenentukan titik keran air panas

Ada baiknya sebelum melakukan instalasi, pastikan terlebih dahulu titik atau posisi kerannya. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui seberapa jauh pipa yang nantinya dibutuhkan ketika instalasi. Selain jauhnya pipa, berapa banyak jumlah sambungan pipa yang diperlukan dalam instalasi pipa air panas.

  • Pilih jenis pipa terbaik

Dijelaskan untuk pipa yang digunakan pada instalasi pipa air panas pasti jelas berbeda dengan pipa. Untuk jenis pipa untuk instalasi ini disarankan untuk memilih pipa berbahan PERT (Polyethylene of Raised Temperature Resistance). Selain bobot atau volumenya lebih ringan, jenis pipa ini mampu menahan panas hingga suhu 96 derajat celcius. Jangan lupa untuk memilih sambungan pipa yang tepat

  • Pilih-pilih ukuran diameter yang tepat

Selain jenis pipa yang tepat, ukuran diameter dari pipa yang digunakan juga akan berpengaruh pada kecepatan aliran air panas. Untuk instalasi pipa di bathtub memiliki standar minimum 25mm, dan untuk bak mandi, shower dan sink minimal 15 mm.

  • Pilih juga jenis alat pemanasnya

Jenis alat pemanas yang banyak dijual di pasaran yakni tunggal dan terpusat. Masing-masing pasti akan berbeda dalam penggunaan panjang pipanya. Untuk jenis pemanas terpusat akan butuh pipa air panas yang lebih panjang, dan kemungkinan besar air panas yang mengalir akan lebih cepat dingin karena biasanya penempatan pemanas airnya di luar.

Sedangkan untuk pemanas air tunggal akan justru hanya butuh pipa yang lebih pendek, dikarenakan penempatan pemanas airnya sendiri biasanya ini digunakan keperluan mandi air hangat. Nah, jadi tergantung kebutuhan di rumah Anda!

  • Pasang stop keran untuk aliran air

Jangan lupa untuk memasang stop keran yang semua pipa beserta sambungan pipa yang tersambung dengan input air bersih dan output air panas. Fungsi keran pengatur aliran air ini berfungsi ketika water heater macet, Anda tidak perlu mematikan aliran air dari sumber utamanya.

Jika bingung, maka panggil saja tukang untuk membantu instalasi pipa di rumah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.