Tips Sederhana Memilih Susu Sapi yang Berkualitas

Siapa yang tidak suka dengan susu sapi? Semua orang termasuk kamu, pasti sangat menyukai susu sapi yang memiliki rasa cukup gurih ini. Betul? Selain rasanya yang enak, susu sapi yang bisa dibeli di outlet jual susu sapi murni di lemonilo ini pun mempunyai banyak kandungan zat gizi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Mulai dari; protein, kalsium, lemak, vitamin B2, vitamin A, zat besi, dan sebagainya.

Biasanya, susu sapi yang diperah langsung dari hewan bernama Sapi ini, dibuat ke dalam berbagai jenis produk olahan susu seperti susu bubuk, susu cair murni, susu kental manis, sekaligus susu yang diberi banyak varian rasa. Namun, apabila ditelusuri kembali, susu sapi yang kualitasnya paling bagus untuk dikonsumsi oleh manusia adalah berjenis susu cair murni. Sebab, susu cair murni ini tidak mengalami banyak proses perubahan ketika masa pengolahannya.

Susu Sapi
Source : Google Image

Nah, agar tidak salah dalam pemilihan maupun pembelian susu yang sehat sekaligus memberikan kualitas yang bagus untuk tubuh, maka terlebih dahulu kamu harus memperhatikan beberapa cara sederhana yang bisa diterapkan saat memilih susu sapi ini. Yuks, disimak!

  1. Memilih kemasan yang bagus. Apabila kamu hendak membeli susu sapi dalam bentuk kemasan, sebaiknya pilihlah kemasan susu yang masih dalam kondisi bagus atau terbilang baik. Sebab, kondisi kemasan yang kurang baik maupun tidak bagus terkadang bisa menyebabkan munculnya bakteri yang berkembang biak di dalam susu.
  2. Mengambil susu yang disimpan di lemari pendingin. Susu yang baik dikonsumsi biasanya susu yang disimpan di dalam lemari pendingin, karena disimpannya susu di lemari pendingin ini dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Sehingga, susu tersebut jauh lebih awet sekaligus bagus dibandingkan susu yang ditaroh di luar ruangan.
  3. Mengecek tanggal kadaluarsa susu. Supaya tidak memunculkan penyakit, ada baiknya saat hendak membeli susu ini kamu diwajibkan untuk mengecek tanggal kadaluarsa susu. Hal ini untuk mengantisipasi supaya kamu tidak membeli susu yang sudah lewat kadaluarsanya.
  4. Melihat bagaimana kondisi susu. Susu yang memiliki kualitas serta kondisi yang baik adalah susu yang mempunyai warna putih, kental, tidak berbau asam, tidak menggumpal, dan mengeluarkan bau asam. Jika kamu mendapati susu yang seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, alangkah baiknya tidak meminumnya.
  5. Memasak susu. Untuk kamu yang membeli susu langsung dari pemerah susu, ada baiknya sebelum diminum susu tersebut terlebih dahulu harus dimasak. Namun, saat proses memasak ini, sebaiknya janganlah memasak susu terlalu lama karena dapat mengurangi protein yang terdapat di dalam susu.

Itulah tips sederhana yang bisa kamu lakukan, apabila hendak berniat untuk memilih sekaligus membeli susu sapi ini. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.