Trik Kuasai Teknik Backhand Overhead Pada Olahraga Badminton

Teknik backhand overhead menjadi salah satu teknik tersulit dalam permainan badminton. Apalagi jika dilakukan oleh pemula. Hanya saja, kondisi di lapangan biasanya menuntut pemain untuk melakukannya. Backhand overhead butuh kordinasi gerak badan. Gerak badan yang tidak sempurna jelas akan membuat pukulan ini tidak bisa dilakukan maksimal. Akhirnya membuat pengembalian kok tidak bisa melewati net.

Selain itu, penguasaan grip juga diperlukan. Posisi yang benar akan membuat pukulan lebih keras, dan bisa menempatkan kok jauh dari pemain lawan. Sama halnya dengan waktu memukul kok. Tentunya ini akan menjadi langkah paling menentukan untuk membuat kok melaju sesuai dengan keinginan pemukulnya.

Teknik Backhand Overhead

Tiga hal ini jelas harus dikuasai. Jika tidak, pukulan backhand overhead ini tidak akan berjalan dengan sempurna. Akibatnya, pemain tidak bisa mengontrol pengembalian kok yang bisa dimanfaatkan pemain lawan untuk menyelesaikan permainan.

Nah, menyadari kemungkinan untuk melakukannya di tiap kali bermain, latihan secara rutin wajib dilakukan. Dan untuk menguasainya, Anda bisa menengok tahapan-tahapannya di bawah ini!

Persiapan Melakukan Backhand Overhead

Sebelum melakukan teknik backhand overhead, persiapan awal harus diperhitungkan. Dan tahapannya adalah sebagai berikut ini.

  • Posisi badan menghadap net dan kedua kaki dibuka selebar bahu
  • Pegang raket di depan badan ke arah backhand
  • Pastikan kepala raket sejajar dengan bahu
  • Rendahkan kedua lutut

Pergerakan Saat Memulai Backhand Overhead

Setelah persiapan dilakukan, posisi badan cenderung akan berubah. Tentunya pada posisi backhand. Untuk melakukannya, pastikan Anda melakukan gerakan ini, terutama yang menggunakan tangan kanan saat memegang raket.

  • Putar badan ke arah kiri sehingga posisi kaki kanan berada di depan ketika kok mulai datang
  • Posisikan bahu kanan menghadap net, dan bentuklah lengan sudut dimana lengan atas menghadap atas dan lengan bawah menghapad bawah
  • Arahkan tangan yang memegang raket naik ke posisi lebih tinggi untuk memukul kok
  • Luruskan siku dan lengan saat kok menyentuh raket
  • Pastikan untuk memutar keluar pergelangan tangan

Penyelesaian Pukulan Backhand Overhead

Setelah memulai gerakan memukul, maka pastikan agar kok bisa jatuh di bidang lapangan lawan yang diinginkan. Kunci sukses mendapatkan keakuratan pukulan adalah posisi tangan. Tentunya dibarengi dengan kontrol yang bagus. Kurang lebih penyelesaiannya adalah seperti ini.

  • Pastikan ketika melakukan pukulan, lengan diluruskan
  • Perhatikan arah kemana bola akan diarahkan
  • Kontrol seberapa kuat Anda melewatkan kok menuju bidang permainan yang diinginkan

Keseluruhan tahapan ini wajib diperhitungkan, terutama bagi Anda yang ingin mengasah kemampuan melakukan pukulan backhand overhead yang mematikan. Untuk memudahkan fleksibilitas gerakan, jangan lupa untuk melengkapi diri dengan sepatu yang ringan.

Sepatu ringan penunjang permainan badminton bisa didapatkan dari sepatu Li-ning. Makanya, banyak sekali pemain olahraga badminton baik yang pro atau bukan banyak juga yang mengenakannya. Sebelum memilikinya, Anda bisa memeriksa harga sepatu badminton Li-Ning original murah hanya di Blibli.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.