Waspada Saat Melakukan Root Pada Android

Sebelum membeli smartphone, pasti kamu akan membandingkan spesifikasi dari beberapa brand, seperti spesifikasi Vivo Smartphone dengan smartphone lainnya. Apalagi, jika budget yang kamu keluarkan cukup besar, pasti tidak mau dong menyesal karena memilih smartphone yang salah. Hal ini dilakukan agar kamu mendapatkan smartphone dengan kualitas terbaik yang sesuai dengan budgetmu.

Nah, setelah membelinya, langkah selanjutnya adalah melakukan sesuatu pada smartphonemu agar terlihat lebih keren, baik dari segi tampilan fisik maupun tampilan dalamnya (software). Mengubah tampilan fisik bukanlah hal yang berisiko, bahkan sangat mudah. Kamu hanya perlu membeli casing atau aksesoris lainnya. Namun, kamu sebaiknya berhati-hati jika melakukan pengubahan pada bagian dalam, atau software smartphonemu. Apalagi, jika kamu sampai melakukan root pada sistem smartphone-mu.

Root Smartphone Android

Memang, bagi kamu yang sudah paham betul tentang sistem Android, melakukan root pada smartphone yang baru dibeli bukanlah masalah. Bahkan mungkin, ini adalah hal yang menantang untukmu. Namun, jika kamu tidak benar-benar memahaminya, sebaiknya waspada saat melakukan root pada Android. Sebab, dengan melakukan root, artinya kamu membuka pengaman yang telah dipasang oleh developer smartphone, yang akan membatasi akses user terhadap beberapa fungsi.

Sama halnya seperti sebuah rumah, ketika kamu memiliki kunci maka kamu akan bebas keluar masuk atau melakukan apapun di dalam rumah tersebut. Dari mulai mempercantiknya hingga merusaknya. Hal ini juga berlaku pada sistem yang mengalami root. Kamu akan memiliki akses tanpa batas untuk melakukan apapun pada smartphonemu tersebut, dari mulai membuatnya lebih keren atau meningkatkan performa smartphone, namun kamu juga bisa merusaknya. Dan hal kedua inilah yang umum terjadi pada user baru yang sebenarnya belum benar-benar paham tentang root namun ingin terlihat keren sehingga tetap melakukannya.

Tidak hanya itu saja, sekali saja kamu pernah melakukan root pada smartphonemu, maka bersiaplah kehilangan kesempatan untuk menginstal beberapa aplikasi yang mungkin kamu butuhkan. Sebab, cukup banyak developer aplikasi yang memasang script khusus dalam aplikasi yang dibuat, agar tidak bisa digunakan pada smartphone yang telah mengalami root. Bahkan, meskipun kamu melakukan factory reset atau format ulang, tetap saja aplikasi ini tidak bisa digunakan.

Apakah kamu ingin melakukan root atau tidak pada smartphonemu, keputusan ada ditanganmu. Namun, akan lebih baik jika mempertimbangkan baik buruknya terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan. (Vita)

Bagikan Artikel Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.