Yuk Ketahui Seluk Beluk Alat Fisioterapi dan Manfaatnya

Anda yang sedang mengalami masalah penyakit dalam pasti ingin tahu lebih jauh tentang alat fisioterapi lengkap dengan manfaatnya. Ini sangat penting agar setidaknya Anda tahu jika Anda mendapatkan treatment tertentu maka Anda tahu apa yang sebenarnya sedang dilakukan oleh dokter dan apa yang akan Anda rasakan.

Dari sekian banyak peralatan fisioterapi, berikut ini beberapa alat yang paling sering digunakan.

  • Ultrasound (US)

FisioterapiApa itu Ultrasound? Ini merupakan salah satu alat untuk fisioterapi yang paling sering digunakan oleh dokter. Pasien yang mengalami keluhan seperti cedera pada otot tertentu.Oleh sebab itu, para dokter biasanya lebih mengenal ultrasound sebagai alat deteksi cedera otot daripada untuk terapi.

Meskipun demikian, bukan berarti alat fisioterapi ini tidak bisa memulihkan keluhan tertentu. Banyak penyakit yang berhasil disembuhkan dengan hanya mendapatkan terapi dengan menggunakan alat ini. Di antaranya adalah keluhan jaringan luka, nyeri pada bagian punggung, ligament terkilir, peradangan pada sendi, iritasi sendi facet, dan masih banyak lagi.

Dan dengan terapi ini, penyakit tersebut bisa segera disembuhkan karena gelombang yang dipancarkan dari Ultrasound ini bisa memperlancar aliran darah. Dengan cara tersebutlah keluhan kesehatan bisa disembuhkan.

  • Shortwave Diathermy (SWD)

Sebenarnya ada beberapa jenis Diathermy. Ini merupakan alat fisioterapi yang digunakan untuk membuat jarangan dalam tertentu terasa panas atau hangat dengan harapan jaringan tersebut bisa berfungsi seperti sediakala.

Namun, shortwave ini merupakan diathermy yang pendek. Artinya pancaran panasnya hanya pendek. Dan menurut para ahli kesehata, SWD ini jauh lebih efektif dariapda jenis Diathermy lainnya karena panas yang ditimbulkan jauh lebih efektif untuk memperbaiki jaringan atau bagian tubuh yang rusak.

Biasanya, SWD ini diperlukan untuk terapi pasien yang mengalami masalah peradangan pada bagian tubuh dalam. Seperti contoh seorang istri yang tidak kunjungi mendapatkan momong bisa disebabkan adanya peradangan di dalam. Umumnya, dokter akan menyarankan agar wanita tersebut melakukan terapi dengan menggunakan SWD ini.

  • Microwave Diathermy

Jika Anda mengalami masalah dengan gangguan pada pembuluh darah, maka alat fisioterapi yang satu ini akan digunakan oleh dokter untuk mengatasi masalah tersebut. Ini merupakan alat yang memancarkan gelombang mikro di mana bentuknya berupa radiasi elektromagnetik. Kemampuan penetrasinya hanya 3 cm. Jadi, cocok sekali jika digunakan untuk terapi otot.

Tentu masih banyak alat fisioterapi lainnya. Hanya saja, tiga alat tersebut yang paling sering digunakan mengingat banyak orang yang mengalami keluhan di mana tiga alat kesehatan ini bisa mengatasi keluhan tersebut.

2 thoughts on “Yuk Ketahui Seluk Beluk Alat Fisioterapi dan Manfaatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.