8 Langkah Membuat Rencana Keuangan yang Cerdas

Sering banget masih pertengahan bulan, dompet sudah kering kerontang? Bingung yah kenapa bisa terjadi seperti itu? Pasti jika bertanya ke orang lain, teman dekat pasti akan ditanya balik bagaimana cara membuat perencanaan keuangan dan cara mengelolanya? Padahal sudah banyak loh, info perencanaan keuangan yang bisa diakses via online. Sakit bukan yah jika ada yang seperti itu. Hahahhaa….

Membuat Rencana Keuangan

Tidak tahu mengapa, jika seseorang selalu konsumtif ketika gajian dan tidak sadar banyak belanja kebutuhan yang seharusnya tidak menjadi kebutuhan utama.  Padahal semua orang bisa menjadi perencana keuangan secara mandiri atau financial planner loh! Oleh karena itu, sudah saatnya mulai membuat rencana keuangan yang cerdas sebagai persiapan dana untuk masa depan. Dikutip dari website KoinWorks, ada 8 langkah membuat rencana keuangan yang cerdas untuk persiapan dana masa depan

  1. Coba Tanya, Apa Tujuan Masa Depan Anda?

Sekilas ini pertanyaan klise yang pastinya semua orang memiliki pertanyaan ini pada dirinya. Namun pertanyaan ini harus Anda jawab, tapi cobalah jawab secara spesifik. Jawaban ini akan sangat penting karena masa depan Anda yang tentukan sendiri dan setiap tujuan masa depan akan butuh pengeluaran. Oleh karena itu perencanaan keuangan sedini mungkin menjadi hal penting, sehingga bisa lebih aman untuk mencapai tujuan masa depan tersebut.

  1. Harus Mengetahui Nilai Anda Saat Ini

Banyak kutipan dari orang-orang ternama yang sukses bahwa “Anda tidak akan sampai jika Anda malas bahkan tidak pernah mulai melangkah”. Berhubungan dengan perencanaan keuangan, langkah awal adalah punya catatan khusus untuk membuat perhitungan pendapatan dan pengeluaran secara detail. Langkah ini akan memudahkan Anda untuk mengetahui nilai aset kekayaan yang Anda miliki saat ini, sehingga Anda akan lebih mudah membuat sebuah perencanaan keuangan.

  1. Cek Biaya-Biaya Rutin Bulanan
BACA JUGA:  Begini Cara Memilih Asuransi Kesehatan Agar Tidak Menyesal

Cek dan catat secara detail kemana dan berapa banyak uang yang Anda keluarkan setiap bulannya. Pakai note mini atau jika ingin terus mengingat, gunakan excell dan tempatkan di Google Drive sehingga bisa diakses setiap saat via smartphone Anda. Mulai saat ini jadikan ini menjadi suatu kebiasaan yang rutin dilakukan setiap Anda belanja. Dengan demikian, Anda akan menjadi lebih bijak dalam menggunakan uang sekaligus mengetahui seberapa baik kemampuan ekonomi dan keuangan Anda saat ini.

  1. Mulai dan Biasakan untuk Berhemat

Ada banyak info perencanaan keuangan di media online yang menyarankan untuk membiasakan diri berhemat dengan menyisihkan sebagian kecil gaji bulanan untuk ditabung. Jangan salah, bahwa banyak loh aturan tentang menabung, seperti menyisihkan 10% dari gaji, bahkan ada dana darurat yang harus disimpan dengan nominal 3 bulan gaji. Terlihat sulit dan terasa berat yah, namun dengan ini Anda mulai mempersiapkan dana demi masa depan.

  1. Segera Bayar dan Lunasi Hutang

Jika saat ini Anda memiliki cicilan hutang, apalagi hutang dengan beban bunga yang tinggi cobalah mengatur keuangan Anda untuk bisa bayar atau melunasi hutang tersebut. Jika hutang dibiarkan, maka yang jadi Anda akan melakukan gali lobang, tutup lobang dan ini akan tidak akan bisa menyisihkan uang dan semakin sulit mengatur perencanaan keuangan untuk masa depan.

  1. Cari Tahu dan Pilih Jenis Investasi untuk Menopang Masa Depan Nanti

Kenapa harus investasi? Mengutip dari KoinWorks, bahwa investasi lebih dari sekedar tabungan namun investasi ini akan membantu masa pensiun menjadi aman. Namun tentu dengan memilih jenis investasi yang benar, sehingga ini mengurangi resiko kerugian nantinya.

Sebelum berinvestasi, cari informasi detail dan jika perlu lakukan penelitian sebelum terjun langsung dalam dunia investasi. Coba perhatikan sekaligus memahami akan resiko dan hasil yang akan didapatkan. Semakin tinggi resikonya, maka akan semakin tinggi juga potensial Anda mendapatkan keuntungan.

  1. Asuransikan diri Anda
BACA JUGA:  Begini Cara Memilih Asuransi Murah Namun Tetap Aman

Seperti yang kita sama-sama tahu bahwa dalam perjalanan hidup pasti ada resiko yang harus dihadapi dan itu tidak bisa ditebak kapan terjadinya. Jadi, mulai dari sekarang pertimbangkan untuk ikut asuransi untuk jaga-jaga dari resiko tersebut. Pastikan memilih asuransi juga harus sesuai dengan kebutuhan dan keuangannya.

  1. Monitor Selalu Perencanaan Keuangan Yang Sudah Dibuat

Jika ada keseriusan untuk bisa mencapai tujuan masa depan sesuai dengan keinginan, maka langkah terakhir dan terpenting adalah monitoring secara update untuk semua perencanaan keuangan yang sudah dibuat. Jika perlul buat KPI apa saja kemajuan dalam hal keuangan Anda.

Masih ragu untuk tahu bagaimana cara membuat rencana keuangan secara cerdas ? Coba buka duitologi.com untuk membantu memberikan info dan tips perencanaan keuangan yang bisa dijadikan referensi untuk Anda.

Selamat mencoba yah!

Bagikan Artikel Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.