Cara Membuat Saluran Pembuangan Kolam Terpal

Saluran pembuangan dalam kolam terpal harus dibuat sebaik mungkin. Saluran ini menggunakan pipa air dengan ukuran yang menyesuaikan agar air bisa keluar dengan lancar. Apakah harga pipa untuk membuat saluran air untuk kolam sama seperti saluran air biasanya?

Ikan adalah salah satu makanan favorit orang Indonesia. Indonesia terdiri dari daratan dan air. Bahkan air sendiri terdiri dari air tawar dan air asin. Sedapnya bumbu rempah dalam pepes ikan, tentu semua orang menyukainya. Namun tidak semua orang memiliki kolam. Apalagi yang memiliki lahan terbatas.

Namun saat ini lahan terbatas bukanlah halangan seseorang untuk memiliki kolam. Kolam terpal adalah solusi untuk dapat memiliki kolam sendiri, di lahan terbatas sekalipun. Bahkan dari hasil kolam terpal, dapat dijadikan wirausaha yang cukup menjanjikan. Kolam terpal terbuat dari aplikasi terpal, besi dan pipa air.

Membuat Saluran Pembuangan

Cara Membuat Saluran Air Pembuangan Kolam Terpal
Gambar: Dok. baktikunegeriku.com

Sebelum membuat saluran pembuangan kolam terpal, buatlah kerangka kolam terpal dengan menggunakan besi yang dibentuk bulat. Kerangka tersebut dibuat untuk dapat memudahkan membentuk terpal mengikuti kerangka bulat itu. Tapi pastikan Anda mengetahui berapa harga pipa yang akan digunakan sehingga total budget yang dibutuhkan akan bisa diketahui.

Setelah kolam terpal jadi, saatnya membuat saluran pembuangan. Untuk membuatnya, sediakan bahan-bahan berikut ini:

  1. Pipa air PVC bermerek Rucika
  2. Klem selang
  3. Pipa sambung berbentuk L
  4. Karet ban
  5. Obeng
  6. Gunting
  7. Lakban tebal

Jika sudah menyediakan perlengkapan, kini saatnya Anda menerapkan cara membuat saluran pembuangan seperti ini.

  1. Saluran pembuangan dibuat pada bagian terpal yang sudah ditandai. Lalu lakban ditempelkan pada luar dan dalam bagian terpal itu.
  2. Masukkan pipa L dan ikat dengan karet ban.
  3. Tambahkan ikatan pipa L dengan klem selang. Gunakan obeng untuk mengencangkan.
  4. Buat lubang sesuai besar pipa.
  5. Sambungkan pipa PVC degan pipa L tersebut. Cukup kencangkan, tetapi tida direkatkan dengan lem, agar dapat diganti pipanya.
BACA JUGA:  Membuat Kamar Tidur Tetap Sehat, Coba Lakukan Ini!

Di bawah saluran pembuangan, lebih baik dibuat kolam kecil, untuk menampung aliran dari saluran pembuangan. Saluran pembuangan ini berguna sebagai saluran untuk membersihkan kolam dari kotoran dan menguras kolam sehingga bisa diperbarui lagi airnya. Selain itu, saluran pembuangan juga dapat dipakai sebagai pengatur ketinggian kolam. Ketika hendak diturunkan ketinggian airnya tinggal dibuka saja saluran pembuangannya. Ketika hendak dinaikkan tinggal isi airnya sambil ditutup saluran pembuangannya.

Dengan adanya saluran ini pula, memudahkan saat proses memanen, yaitu tinggal kuras habis airnya dan tidak perlu repot-repot dengan seser untuk memanennya, sepert kolam konvensional. Dan tentunya akan menghemat tenaga dan waktu. Tentunya lebih menghemat air dan menghemat pakan. Kolam terpal ini tidak memakan banyak lahan, bisa disesuaikan dengan lahan yang ada, terbatas sekalipun. Sehingga kolam terpal dapat dilakukan siapa saja. Yang penting, Anda mengupayakan pembuatan saluran pembuangan yang baik dengan mengaplikasikan pipa air yang bagus.

Bagikan Artikel Ini!

One thought on “Cara Membuat Saluran Pembuangan Kolam Terpal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.