Suka dengan Naik Gunung? Coba Rasakan Suasana Gunung Sumbing

Mengagumi keindahan ciptaan Tuhan memang banyak sekali caranya. Bisa dengan melihat dari jauh, bisa juga dengan tadabbur alam. Salah satu caranya adalah naik gunung. Sebenarnya naik gunung adalah salah satu hobi yang bisa juga dikategorikan sebagai olahraga. Karena saat mendaki ada track yang harus dilalui oleh pendaki untuk menuju puncak.

Selain olahraga dan mengagumi ciptaan Tuhan, mendaki gunung juga bisa mengetes kesetiakawanan teman kamu loh. Karena di medan yang sulit biasanya orang akan lebih memikirkan dirinya sendiri. Nah, jika kamu ingin mendaki, ada gunung yang bagus untuk kamu kunjungi, yaitu gunung Sumbing.

Sudah pernah dengar nama gunung Sumbing? Dimana lokasinya dan bagaimana keindahan gunung Sumbing? Langsung saja simak artikel ini sampai selesai. Artikel berdasarkan www.superadventure.co.id

Lokasi Gunung Sumbing

Gunung Sumbing adalah salah satu gunung yang cukup terkenal di kalangan pendaki. Gunung api ini terletak di Provinsi Jawa Tengah. Secara administratif, gunung Sumbing terletak di 3 kabupaten. Yaitu kabupaten Magelang, Temanggung, dan Wonosobo. Sehingga jalur masuk untuk pendakian ke gunung Sumbing pun banyak.

Keindahan hamparan awan dari puncak gunung Sumbing

Salah satu alasan mengapa banyak pendaki yang ingin menaklukkan gunung Sumbing adalah karena gunung Sumbing merupakan gunung tertinggi ke 3 di Pulau Jawa, setelah gunung Semeru yang digadang-gadang memiliki negeri di atas awan dengan puncaknya yang terkenal dengan nama mahameru. Dan gunung Slamet di posisi kedua.

Tak kalah dengan dua gunung tersebut, gunung Sumbing memiliki tinggi 3.371 mdpl. Dari ketinggian sejauh itu, sudah pasti kamu bisa melihat lautan awan dari puncak gunung. Panorama yang sangat indah bukan? Nah, keindahan lainnya akan kita bahas di paragraf selanjutnya.

Yang perlu dipersiapkan saat naik gunung Sumbing

Naik gunung tak bisa dilakukan sembarangan dan tanpa ada persiapan yang matang. Bahkan pendaki professional pun harus mendengarkan briefing dari petugas sebelum mulai menapakkan kaki untuk menjelajahi kawasan gunung. Oleh karena itu, banyak persiapan yang harus kamu lakukan jika kamu ingin naik gunung Sumbing.

BACA JUGA:  Tempat Wisata Di Jepang

Berikut adalah yang harus kamu persiapkan untuk melakukan pendakian. Yang pertama adalah carrier atau tas gunung. Ada berbagai macam tas carrier, kamu tinggal menyesuaikan dengan berapa lama kamu akan mendaki. Tak hanya tas, perkara alas kaki pun harus tepat untuk melakukan pendakian.

Sebelum mendaki siapkan sepatu atau sandal gunung. Karakter bahan sepatu/ sandal gunung lebih tebal dan kuat. Gunanya untuk melindungi kaki dari berbagai medan yang kamu lalui selama perjalanan menuju puncak gunung. Hindari menggunakan sepatu yang licin. Serta bawalah sandal gunung untuk mengistirahatkan kaki saat sudah berada di puncak.

Perlengkapan lain yang juga harus dibawa adalah pakaian hangat, kaos kaki, makanan dan minuman, baju ganti, obat-obatan pribadi, dan jangan lupakan satu barang yang paling penting yaitu tenda dan alas tidur.

Suka dengan Naik Gunung? Coba Rasakan Suasana Gunung Sumbing
Gambar: Dok. Super Adventure

Keindahan gunung Sumbing

Seperti janji saya tadi, di paragraf ini akan dibahas betapa indahnya gunung Sumbing. Gunung ini terdiri dari beberapa pos. Di pos pertama saja, kamu sudah disuguhi dengan keindahan hamparan awan yang mengitari gunung Sindoro dan gunung Slamet yang kebetulan tetanggaan dengan gunung Sumbing.

Dari pos 2 pendakian yang sebenarnya dimulai. Dengan track yang tidak mudah, pendakian harus dilanjutkan sampai pos 6 watu Kotak. Tenang saja, kamu bisa beristirahat di setiap pos. Hingga di puncak gunung kamu akan menemukan keindahan alam yang bisa dilihat dari puncak gunung sumbing.

Selain melihat matahari terbit dari balik gunung Merbabu, asap gunung merapi juga menjadi keindahan tersendiri. Apalagi ada gunung Sindoro dengan hamparan lautan awan disekitarnya yang bisa dilihat dari puncak gunung. Sungguh pemandangan yang sangat indah.

Nah, itulah sepenggal keindahan gunung Sumbing yang bisa saya tulis di artikel kali ini. Bagi kamu yang baru pertama kali melakukan pendakian, jangan pernah mendaki sendirian. Karena untuk menuju puncak kamu akan melewati hutan, dan jalan yang tidak mudah. Sehingga butuh kerjasama team.

BACA JUGA:  Manfaat PC-Tablet Abadikan Liburan Anda

Selain itu, selalu dengarkan arahan/ briefing dari petugas ya, agar pendakian kamu lancar dan lebih aman. Soalnya track yang tidak bisa kadang akan membuat kita kecapekan dan bisa kesasar apabila terlalu jauh tertinggal.

Bagikan Artikel Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.