Tips Perawatan Rutin Pompa Vakum

Pompa vakum merupakan salah satu peralatan yang biasa digunakan untuk membuat sebuah ruangan menjadi hampa. Pompa vakum ini nantinya akan mengeluarkan molekul berupa gas sehingga suatu ruangan dapat menjadi hampa udara. Biasanya pompa vakum ini digunakan dalam pabrik industri berupa industri lampu, elektronik, kaca, bahkan juga hingga laboratorium dan industri medis lainnya. Perawatan rutin sangat diperlukan untuk pompa Busch. Apabila mengalami kerusakan dapat dibawa ke tempat service Busch Indonesia.

Tips Perawatan Rutin Pompa Vakum
Gambar: Doc. bengkelsejati.co.id

Kerusakan Pada Pompa Vakum

Ada beberapa kerusakan yang sering kali terjadi pada pompa vakum ini. Berikut adalah beberapa kerusakan pompa vakum yang sering terjadi.

  • Kerusakan pertama biasanya sering terjadi pada bagian pipa. Kerusakan pada bagian pipa ini dapat terjadi karena banyak hal. Sehingga apabila kamu menemukan pompa Aerzen terjadi kerusakan karena kebocoran pipa dapat menghubungi pihak service Aerzen Indonesia.
  • Kerusakan kedua yang biasa terjadi adalah kebocoran pada pompa sendiri. Tidak menutup kemungkinan terjadi kebocoran pada pompa. Jika terjadi masalah tersebut dapat diatasi dengan mengelas pompa.
  • Kerusakan ketiga adalah kerusakan yang disebabkan karena suhu pada mesin terlalu tinggi. Saat mesin digunakan terus-menerus tanpa beristirahat akan menyebabkan suhu pada mesin tinggi. Sehingga mesin akan cepat mengalami kerusakan. Untuk mengatasinya istirahatkan pompa selama beberapa menit terlebih dahulu untuk mendinginkan mesin. Setelah cukup dingin pompa vakum dapat digunakan kembali seperti semula.
  • Kerusakan keempat adalah terjadi akibat pompa vakum terkena cairan terlalu sering. Pompa vakum apabila terkena cairan akan cepat mengalami kerusakan sehingga untuk pencegahannya kamu perlu menjauhkan vakum dari cairan.

Untuk menghindari kerusakan yang mungkin terjadi pada pompa vakum ini perlu dilakukan perawatan secara berkala atau rutin. Karena mesin pompa ini selalu digunakan setiap hari sehingga sangat diperlukan perawatan yang rutin agar tetap dapat digunakan dalam waktu lama.

BACA JUGA:  7 Tips Produksi Kemasan UKM yang Menarik dan Murah

Perawatan Pompa Vakum

Perawatan Pompa Vakum
Gambar: Doc. bengkelsejati.co.id

Untuk melakukan perawatan pada pompa vakum, kamu perlu melakukan langkah berikut ini.

  • Langkah pertama adalah jadwalkan kapan kamu akan melakukan perawatan. Buatlah jadwal secara rutin mengenai perawatan pompa vakum. Mulai dari masalah minyak dan lainnya. Buatlah jadwal untuk pengecekan harian kamu perlu memeriksa ketersediaan oli dan minyak pompa. Perawatan mingguan yang perlu dilakukan adalah melakukan pengecekan mengenai kebocoran pada saluran. Apakah terdapat kebocoran pada saluran minyak, filter udara dan bagian penting lainnya. Untuk perawatan bulanan kamu perlu memeriksa oil mist separator, bahan bakar, adanya asap dan penggantian saringan untuk knalpot. Perawatan selama 6 bulan sekali seperti pemeriksaan ruang pompa, pembersihan bagian pompa.
  • Langkah kedua adalah dengan melakukan pemeriksaan pada minyak pompa. Ada beberapa indikasi yang berarti pompa vakum masih dalam kondisi baik. Seperti warna minyak jernih dan cerah, tidak keruh, oli pompa masih terlihat jernih. Apabila kondisi tidak seperti itu maka kamu dapat langsung mengganti minyak dan oli agar tetap terawat.
  • Langkah ketiga adalah dengan memperhatikan masa pakai dari minyak dan juga oli. Umumnya minyak dan oli perlu diganti dalam waktu 6 bulan sekali atau setelah mesin digunakan selama 500-2000 jam.
  • Langkah keempat yang perlu dilakukan adalah mengganti saringan oli. Untuk membersihkan bagian filter perlu dilakukan pengurasan terhadap limbah atau sisa minyak dan oli.

Itu tadi adalah beberapa perawatan rutin yang perlu dilakukan untuk membuat pompa tetap dalam keadaan baik. Apabila membutuhkan perawatan atau penanganan lebih lanjut dapat menghubungi PT Intidaya DInamika Sejati yang merupakan distributor dan perusahaan yang ahli dibidang pompa vakum.

Bagikan Artikel Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.