Begini Cara Memilih Asuransi Kesehatan Agar Tidak Menyesal

Di tengah banyaknya perusahaan asuransi yang beredar di pasaran, tentunya kita akan merasa kesulitan ketika harus memilih asuransi kesehatan yang bagus untuk diri sendiri dan juga keluarga. Untuk itu, kita perlu panduan mengenai cara memilih asuransi kesehatan agar tidak menyesal nantinya. Berikut ini merupakan beberapa hal yang bisa dijadikan tolak ukur bagi kalian sebelum memilih asuransi kesehatan. Simak, ya!

  1. Asuransi Kesehatan
    (sumber: asuransi kesehatan)

    Cek usia perusahaan dan sepak terjangnya. Memang, tidak selamanya kita bisa menilai sebuah perusahaan asuransi berdasarkan tahun berdirinya. Hanya saja, perusahaan asuransi yang sudah beroperasi selama beberapa puluh tahun tentu lebih terpercaya dibanding yang baru berdiri karena itu artinya perusahaan bisa me-manage nasabahnya dengan baik. Namun demikian, jangan lupa pula mengecek sepak terjang perusahaan tersebut dan lihat track record-nya seperti apa dalam menangani klaim asuransi dari nasabah.

  2. Klaim mudah dan reputasi bersih. Masih berkaitan dengan opsi nomor 1, jangan lupa pula untuk mengecek bagaimana reputasi dari perusahaan asuransi tersebut. Apakah bersih? Apakah pernah ada masalah dengan nasabah terkait klaimnya? Bagaimana cara klaim asuransi pada perusahaan tersebut? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini harus bisa kita jawab. Jika sudah yakin bahwa perusahaan tersebut sudah tepat, maka bolehlah memilih perusahaan tersebut untuk menangani asuransi kita.
  3. Premi bersaing namun manfaat cukup lengkap. Ini juga penting untuk diperhatikan. Di tengah banyaknya perusahaan asuransi seperti sekarang, tentu harga premi semakin miring untuk menarik perhatian calon nasabah. Hanya saja, kita sebagai calon nasabah juga harus jeli. Cek hal-hal yang mempengaruhi besaran premi asuransi yang ditetapkan dan apa saja manfaatnya? Pilihlah asuransi yang harga preminya bersaing namun manfaatnya cukup lengkap.
  4. Rumah sakit rekanan cukup lengkap. Tidak hanya mengecek premi dan manfaatnya, kita juga harus melihat apakah daftar rumah sakit rekanan cukup lengkap dan dekat dari tempat tinggal kita atau tidak. Tentu, ketika kita sakit, kita akan memilih rumah sakit yang jaraknya tak jauh dari rumah. Untuk itu, jangan lupa mengecek apakah rumah sakit yang masuk ke dalam daftar rekanan ini cukup lengkap dan berkualitas baik atau tidak.

Itu dia beberapa hal yang bisa dijadikan sebagai tolak ukur bagi kita untuk memilih asuransi kesehatan yang bagus. Semoga membantu, ya!

Bagikan Artikel Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.