5 Kelebihan Bata Ringan dibandingkan Bata Biasa

Bata ringan atau bata hebel merupakan salah satu jenis material yang digunakan untuk membuat dinding. Bata ringan sendiri merupakan bahan bangunan yang lebih baru dibandingkan dengan bata merah. Namun, kedua bata tersebut sering dibanding-bandingkan.

5 Kelebihan Bata Ringan dibandingkan Bata Biasa
Gambar: Pixabay/mufidpwt

Jika Anda berniat menggunakan bata ringan dalam konstruksi rumah, kantor, hotel dan lainnya. Pastikan terlebih dahulu untuk mengetahui kelebihan yang dimiliki oleh bata ringan. Pembahasan kali ini akan menjelaskan kelebihan dari bata hebel yang harus Anda ketahui.

5 Kelebihan Bata Ringan

Berbicara mengenai kelebihan dari bata hebel, berikut 5 kelebihan yang dimiliki oleh jenis bata tersebut!

1. Memiliki Ketahanan Sekuat Beton

Bentuk dan Dimensi yang dimiliki batu hebel tidak jauh berbeda dengan bata konvensional. Namun, jenis bata ini memiliki bobot yang tiga kali lebih ringan daripada batako dan bata merah. Bahan bata ringan terbuat dari campuran yang sama dengan beton. Sehingga ketahanan yang dimilikinya sekuat beton. 

Ketahanan bata hebel pun masuk dalam standar bata bangunan tahan gempa. Jadi, tidak heran jika bata hebel lebih populer daripada jenis bata lainnya untuk membuat bangunan bertingkat seperti kantor dan mall.

2. Lebih Presisi

Bata hebel memiliki bentuk yang lebih presisi dan seragam dibandingkan dengan jenis lainnya. Hal ini dikarenakan material ini tidak dicetak satu per satu layaknya batako, namun dibentuk dan dipotong menggunakan mesin khusus. Jadi tidak heran, jika ukuran dan bentuknya lebih presisi.

3. Mampu meminimalisir Hantaran Panas

Jika diperhatikan secara seksama, bata hebel memiliki pori-pori yang bisa mengurangi berat massa. Selain itu, pori-pori yang terdapat pada material ini juga berfungsi sebagai penyerap energi panas udara dari luar bangunan. Sehingga ruangan yang menggunakan bata hebel tetap dingin dan sejuk.

BACA JUGA:  5 Macam Rumah Adat Jawa Tengah

4. Pemasangan Lebih Mudah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa bata ringan ini memiliki ukuran dan bentuk yang lebih presisi dibandingkan jenis bata yang dicetak secara tradisional. Selain itu, tingkat keratan permukaan yang dimiliki oleh bata ini lebih baik daripada lainnya. Kedua hal tersebut berefek pada pemasangan bata hebel yang jauh lebih mudah sehingga proses pengerjaan bangunan lebih cepat.

5. Penyelesaian Dinding Lebih Mudah

Jika dalam membangun sebuah bangunan, Anda menggunakan jenis bata selain hebel, misal bata merah. Maka, proses finishingnya cukup rumit, di mana bata tersebut harus dilapisi dengan plester aci untuk memperhalus permukaannya. Beda halnya dengan bata hebel yang memiliki permukaan halus dan rata sehingga tidak perlu memberi lapisan yang tebal pada permukaannya.

Bahkan, Anda bisa langsung mengecat atau membiarkannya terbuka jika ingin model dinding terekspos. Tidak hanya itu saja, bobotnya yang ringan membuat bata jenis ini lebih mudah dalam pemasangannya sehingga mendapatkan hasil yang rapi. Sayangnya, untuk melakukan perekatan, bata hebel memerlukan cairan khusus seperti mortar dan semen instan.

Bata hebel memiliki bobot yang sangat ringan, namun harga bata ringan ini terbilang mahal. Maka dari itu, jika hanya ingin membangun rumah saja, disarankan untuk menggunakan bata jenis lain seperti bata merah. Namun, jika ingin membangun bangunan yang lebih tinggi lebih baik menggunakan bata hebel.

Nah, salah satu brand yang cocok untuk membeli bata ringan terbaik dan material konstruksi lainnya ialah SCG. Brand ini menyediakan berbagai macam material konstruksi yang Anda perlukan, seperti SCG Smartblock, SCG Beton Instan, Semen SCG dan lainnya. Semua produk dari SCG bisa Anda beli di website resmi SCG.

Bagikan Artikel Ini!

2 thoughts on “5 Kelebihan Bata Ringan dibandingkan Bata Biasa

Leave a Reply

Your email address will not be published.