Tips Memilih HP Untuk Bermain Game

Pada saat ini fungsi hp bukan hanya sebagai alat komunikasi saja, namun hp juga berfungsi sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan hobi seseorang seperti nonton film, mendengarkan musik, browsing, dan bermain game. Ngomong-ngomong soal game, Jika pada era hp terdahulu anda hanya mengenal game-game sederhana seperti fruit nija atau angry birds, namun game-game pada saat ini sudah jauh lebih berkualitas serta genrenya pun semakin banyak. Bahkan banyak game yang memiliki kualitas gameplay dan garfisnya sekaliber console, atau game PC. Untuk bisa memainkan game-game yang berkualitas tinggi di smartphoe tentunya diperlukan juga kualitas hp yang mendukung. Oleh karena itu dalam tulisan kali ini akan memberikan tips memilih hp untuk bermain game sebagai berikut :

Pilihlah Chipset Serta GPU Yang Baik

Pemilihan chipset ini tentunya menjadi pertimbangan pertama yang paling penting jika anda menginginkan hp yang bisa mendukung hobi anda untuk bermain game. Karena pada chipset inilah semua data komputasi diproses serta diolah. Sehingga keberadaan chipset ini sangat penting bagi kenyamanan anda pada saat bermain game di smartphone.

Pilihlah Chipset Serta GPU
Sumber Gambar: Zona Kuota

Seperti yang sudah diketahui, pada segmen smartphone ini secara umum kita mengenal MediaTek dan Qualcomm sebagai dua pabrik raksasa yang menguasai peredaran chipset di pasaran dunia. Walaupun sebenarnya masih banyak brand-brand lainnya yang menciptakan chipset tersebut. Lalu chipset yang mana yang cocok untuk bermain game? Jika anda adalah seorang gamer kasual yang bermain game hanya sebatas iseng-iseng saja, maka pilihlah Snapdragon seri 4xx seperti Snapdragon 425 hingga Snapdragon 450 atau MediaTek MT6750 atau MT6752 sudah cukup untuk bermain game ringan seperti Clash Of Clan, Temple Run, dan lain sebagainya.

Namun jika anda seorang gamer hardcore yang menjadikan game ini sebagai hobi utama atau bahkan dijadikan sebagai mata pencaharian,  maka sebaiknya anda memilih hp yang dilengkapi dengan prosesor kualitas baik seperti Snapdragon seri 8xx, Kirin 9xx, atau Media Tek Helio. Sedangkan pada bagian GPU, dimana GPU ini berfungsi untuk mengolah grafis serta visual dari konten yang akan ditampilkan pada layar hp anda. GPU ini sepaket dengan CPU yang digunakan dan pada umumnya kualitas yang dihasilkan akan bersamaan dengan chipset tersebut.

BACA JUGA:  Kualitas Acer One 10 Cocok Banget untuk Pekerjaan Kampus

Seperti Snapdragon 845 dengan Adreno 630, atau Exynos 9810 dengan GPU Mali-G72 MP18. Dengan kualitas GPU yang mumpuni, tentunya akan membuat anda nyaman pada saat bermain game di hp. Selain chipset dan GPU, anda juga harus memperhatikan jumlah core serta clock-speed chipset tersebut. Dalam hal ini pastikan hp anda menggunakan chipset dengan minimal empat core atau quad-core.

Pahami Jenis RAM

Pahami Jenis dan Penggunaan RAM

Seperti yang sudah diketahui bahwa semakin besar kapasitas RAM, maka semakin besar pula informasi atau data yang bisa disimpan di dalamnya sehingga bisa menghasilkan performa yang maksimal. Secara teknik RAM ini digunakan pada sebuah smartphone yakni DRAM (Dynamic Random Acces Memory). Seiiring dengan perkembangannya, RAM ini kemudian dimodifikasi menjadi LPDDR yang dirancang sebgai RAM hemat daya pada smartphone. Pada umumnya smartphone keluaran terbaru sudah menggunakan RAM yang berjenis LPDDR4 atau LPDDR3.

BACA JUGA:  Teknologi Speaker Dari Masa Ke Masa

Pilih Layar Yang Lebar

Pilih Smartphone dengan Layar Lebar
Sumber Gambar : Wahana Rupa

Dengan layar yang lebar pada hp, seperti layar pada oppo find x maka memungkinkan anda untuk bisa mengakses tombol-tombol virtual dengan leluasa. Apalagi jika anda sedang memainkan game yang memiliki sederet tombol-tombol penting untuk melancarkan jurus atau menggunakan item, seperti game Batlle Royale dan MOBA. Oleh karena itu bagi anda para gamer, maka sebaiknya pilih hp yang memiliki layar yang lebar minimal 5,5 inci.

Mungkin itu saja informasi yang bisa disampaikan, semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi anda yang akan membeli hp untuk bermain game. Dan anda bisa membeli hp untuk bermain game dari berbagai merk di Blibli.com.

Bagikan Artikel Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.