Mengenal Asuransi Kesehatan dan Cara Untuk Mendapatkan Skema yang Terbaik

Kepemilikan asuransi merupakan salah satu kebutuhan bagi masyarakat modern. Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (2018), premi bruto asuransi umum di tanah air mengalami peningkatan sebesar 19,38% dibandingkan periode Januari 2017. Peningkatan tersebut beranjak dari angka 4,58 triliun rupiah ke 5,79 triliun rupiah.

Namun sayangnya, pertumbuhan asuransi kesehatan masih belum mengalami pertumbuhan pesat selama beberapa tahun terakhir. Padahal, asuransi kesehatan merupakan bentuk proteksi penting bagi masyarakat khususnya para pekerja. Perusahaan disarankan memperhatikan kesejahteraan karyawannya melalui tunjangan berupa pemberian asuransi kesehatan selain kompensasi gaji.

Skema Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah produk asuransi yang dapat memberikan proteksi finansial terhadap pemegang polis. Ketika sang pemegang polis mengalami sakit atau kecelakaan, asuransi kesehatan akan menanggung biaya kesehatan bagi pemegang polis. Manfaat proteksi yang bisa diperoleh dari asuransi kesehatan akan diberikan sesuai ketentuan yang tercantum dalam polis. Pada umumnya, asuransi kesehatan dapat memberikan perlindungan finansial ketika karyawan harus menjalani pengobatan rawat jalan dan/atau rawat inap.

Memilih Asuransi Terbaik untuk Melindungi Karyawan

Perusahaan perlu melakukan proses seleksi secara cermat ketika akan menyiapkan fasilitas asuransi kesehatan bagi para karyawannya. Jika saat ini Anda sedang mencari paket asuransi kesehatan untuk karyawan, berikut adalah beberapa hal yang wajib menjadi pertimbangan:

  • Perusahaan asuransi swasta atau pemerintah (BPJS Kesehatan)

Saat ini, pemerintah telah memberikan fasilitas asuransi yang terjangkau kepada masyarakat berupa BPSJ Kesehatan. Perusahaan perlu mempertimbangkan apakah menggunakan asuransi dari perusahaan swasta atau dari pemerintah (BPJS Kesehatan), atau menggunakan keduanya.

  • Cashless atau reimburse

Untuk melakukan proses klaim, ada dua jenis klaim yang bisa dilakukan yakni cashless dan reimburse. Keduanya perlu dipertimbangkan serius oleh perusahaan karena perbedaan cara klaim akan membedakan kemudahan karyawan Anda dalam menggunakan asuransi tersebut.

  1. Sistem cashless  memudahkan karyawan untuk tidak perlu mengeluarkan uang terlebih dulu untuk biaya rumah sakit. Cukup dengan menunjukkan kartu asuransi untuk mendapatkan layanan kesehatan di rumah sakit.
  2. Sistem reimburse mengharuskan karyawan untuk mengeluarkan uang terlebih dahulu untuk membayar layanan kesehatan baru mendapatkan penggantian setelah mengajukan klaim ke perusahaan asuransi.
  • Jaringan rumah sakit yang luas
BACA JUGA:  4 Jenis Alat Pembayaran yang Semakin Memudahkan Anda

Jaringan rumah sakit yang tersedia sangat membantu karyawan perusahaan Anda dalam menggunakan asuransi kesehatan. Baik yang paling mudah diakses dari lokasi kantor, maupun dari area tempat tinggal karyawan.

  • Penggunaan Broker Asuransi

Ingin lebih praktis dalam mencari skema asuransi kesehatan terbaik bagi para karyawan? Jangan khawatir, perusahaan Anda bisa menggunakan jasa broker asuransi dan konsultan manajemen risiko, seperti Marsh Indonesia yang bisa membantu Anda dalam mendapatkan asuransi kesehatan terbaik sesuai dengan kebutuhan karyawan dan perusahaan. Selain itu, Marsh juga akan membantu menganalisa dan mengidentifikasi program tunjangan kesehatan jika ada, merekomendasi program kesehatan, dan memberikan paket asuransi kesehatan dari beberapa perusahaan asuransi. Sehingga, perusahaan bisa lebih menghemat waktu dan anggaran dalam memberikan asuransi kesehatan terbaik kepada para karyawan.

Fasilitas asuransi kesehatan dari perusahaan menjadi bentuk apresiasi terhadap kinerja karyawan. Selain memberikan asuransi, perusahaan Anda juga bisa mengampanyekan stress management karena sangat berperan besar dalam mendukung kesehatan para karyawan. Tak hanya itu, mengajak para karyawan untuk berolahraga sambil bekerja (deskercise) juga dapat mendukung penerapan gaya hidup sehat saat bekerja. Dengan kesehatan yang terjaga, para karyawan akan memberikan kontribusi besar bagi perusahaan sehingga kinerja perusahaan Anda dapat semakin meningkat.

Bagikan Artikel Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.