5 Cara Asik dan Etika Mendapatkan Media Partner

Bagaimana cara mendapatkan sponsor atau media partner untuk acara kampusmu? Selain belajar, menjadi sorang mahasiswa seringnya juga akan terlibat dalam berbagai event kampus. Ada banyak sekali event kampus yang bisa Anda selenggarakan.

Jenis event kampus ini ada yang terbuka khusus untuk mahasiswa di kampus tersebut. Namun ada juga jenis event kampus yang terbuka untuk umum. Nah, khusus untuk event yang sifatnya terbuka untuk umum, Anda butuh yang namanya strategi publikasi yang tertarget.

Cara Asik dan Etika Mendapatkan Media Partner

Tertarget dalam artian strategi publikasi yang bisa menyasar calon peserta atau pengunjung sesuai dengan acara kampus yang Anda selenggarakan. Nah, salah satu strategi publikasi yang bisa Anda terapkan adalah kerja sama dengan media partner.

1. Perkenalkan Diri Anda

Salah satu kesalahan fatal namun masih seringkali terjadi adalah tidak memperkenalkan diri ketika menghubungi media yang ingin diajak kerja sama. Padahal ini adalah hal paling mendasar yang hukumnya wajib untuk dilakukan.

Oleh sebab itu, sebelum Anda mengajukan penawaran kerja sama, perkenalkan diri dan juga kampus Anda. Tujuan utama dari tindakan ini adalah untuk mempermudah komunikasi antara Anda dengan pihak media yang ingin diajak kerja sama.

Jika Anda menggunakan akun atau email resmi dari acara, Anda tetap harus mencantumkan contact person penanggung jawab dari penawaran kerja sama ini.

2. Berikan Informasi Event Kampus secara Detail

Selain tahu dengan siapa mereka berbicara, media partner atau sponsor juga harus tahu event kampus apa yang akan diselenggarakan. Usahakan berikan informasi yang singkat namun sudah bisa mencakup semuanya. Dengan kata lain tidak berbelit-belit.

Paling tidak satu pesan sudah bisa mencakup informasi-informasi penting dari event kampus tersebut. Mulai dari nama event, tanggal, tujuan acara, tempat pelaksanaan, dan lain sebagainya.

BACA JUGA:  Amankah Vaksin Sinovac dan Sinochem yang Disiapkan Oleh Pemerintah?

3. Penawaran Kerja Sama yang Jelas

Pihak sponsor dan media partner tidak selamanya akan langsung memahami penawaran yang ada di dalam proposal yang Anda ajukan. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk menjelaskan bentuk penawaran kerja sama.

Misalnya saja seperti jumlah konten yang harus diunggah, jenis-jenis kontennya (misalnya saja seperti foto, video, instastory, dan lain sebagainya), sampai dengan jadwal konten harus diunggah.

Nah, setelah Anda menuliskan semua kebutuhan yang harus dilakukan oleh pihak media partner, tulis juga penjelasan timbal balik yang nantinya akan didapatkan oleh media tersebut jika mau bekerja sama dengan Anda.

4. Berikan Waktu

Ketika mencari sponsor atau media partner untuk event, harus sabar dan memberikan waktu untuk mereka berfikir. Jangan mendadak ketika menawarkan kerja sama dengan media partner. Jangan sampai penawaran kerja sama ini sudah mendekati hari pelaksanaan acara. Sebab tawaran kerja sama yang terkesan dadakan seperti ini, sudah pasti akan dinilai kurang baik dari pihak media.

Artinya apa yang Anda lakukan ini sudah pasti akan dijadikan sebagai salah satu bahan pertimbangan menerima ataukah menolak kerja sama yang Anda ajukan. Ada baiknya Anda tidak membuat pihak media menjadi terburu-buru waktunya.

5. Pahami Jam Kerja

Ini tidak hanya berlaku ketika ingin mengajak kerja sama media partner saja. Namun juga berlaku ketika Anda mengajukan proposal event. Ingat, tidak semua media memiliki pelayanan 24 jam dan satu minggu.

Oleh sebab itu, cari tahu jam kerja dari media yang ingin Anda ajak kerja sama. Jika memang akhir pekan mereka libur, maka jangan sekali-kali melakukan komunikasi di akhir pekan. Kecuali jika memang ada hal mendesak yang memang harus disampaikan saat itu juga.

BACA JUGA:  Inilah Cara Membersihkan Botol Susu Menggunakan Sunlight yang Benar

Sebenarnya mencari media untuk diajak kerja sama adalah hal yang menyenangkan. Apalagi sebenarnya banyak sekali media partner yang ingin sekali berkerja sama dengan para penyelenggara event kampus seperti Anda ini.  

Untuk membantu Anda dalam proses pengajuan media partner, akan lebih baik melakukan konsultasi dengan konsultasi sponsorship salah satunya ST22 Empowerment Partner (st22youthpartner.id). ST22 akan membantu dalam serangkaian program Dana Kewirausahaan, Fund Raising (Dana Usaha), Cari Sponsor untuk event, Pengajuan Sponsorship.

Bagikan Artikel Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.