Ini 10 Tips Membeli Mobil di Pameran Otomotif, GIIAS 2019

OTOMotif – Pameran otomotif GIIAS 2019 yang merupakan pameran otomotif terbesar di Indonesia telah resmi dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla 18 Juli 2019.  Adanya pameran otomotif GIIS 2019 ini sebagai ajang para produsen mobil dan agen pemegang merek (APM) mobil di Indonesia untuk memperkenalkan mobil-mobil terbaru.

Pernah merasa kecewa dan menyesal setelah membeli barang, termasuk memutuskan untuk beli mobil baru atau bekas pada saat pameran otomotif seperti GIIAS? Tentu setiap orang pasti pernah mengalami hal ini dan menjadi hal yang lumrah namanya penyesalan dan kecewa akan muncul setelah mengambil sebuah keputusan. Apalagi saat ini makin banyak brand dan agen pemegang merek (APM) mobil-mobil di Indonesia membuat para calon pembeli makin kelimpungan memilih mobil yang tepat plus sesuai dengan keinginan.

Tips Membeli Mobil di Pameran Otomotif, GIIAS 2019
(sumber gambar: Blibli.com)

Banyak produsen mobil, APM, media massa online hingga blogger banyak menginformasikan tips otomotif termasuk untuk membeli mobil yang harusnya artikel dan informasi ini bisa lebih memudahkan para calon pembeli dalam memilih mobil sesuai dengan dirinya juga kebutuhannya. Diantaranya banyaknya informasi otomotif yang membahas tips seputar otomotif, seperti yang dilansir dari situs dan portal otomotif OTO.com bahwa ada 10 tips membeli mobil yang harus diperhatikan sebelum memutuskan:

Beli Mobil Berdasarkan Kebutuhan

Beli Mobil sesuai Kebutuhan
(sumber gambar: Update Banget)

Sebelum membeli mobil, hal pertama yang harus diperhatikan adalah memilih jenis mobil yang dibutuhkan. Seperti yang diinformasikan dalam paragraf awal artikel ini, makin banyak brand dan APM yang ada tentu jenis mobil yang ada di pasaran otomotif Indonesia cukup beragam seperti small car, city car, family car, MPV hingga SUV. Nah, dari banyaknya jenis mobil yang mana yang Anda butuhkan?

BACA JUGA:  5 Tips Menghindari Resiko dalam Bisnis Sewa Mobil

Buat sebuah Daftar Checklist

Buat sebuah Daftar Checklist
(sumber gambar: Glitzmedia.co)

Ketika sudah memutuskan membeli jenis mobil tertentu di saat event omotif, seperti GIIAS maka langkah selanjutnya buat sebuah daftar checklist. Checklist ini dibuat sebagai panduan dalam membandingkan setiap mobil Anda ketika melakukan test drive di pameran otomotif. Untuk sebuah checklist pada umumnya adalah stir, interior dashboard, kenyamanan kabin, warna cat, fitur, system pengereman.

Ajak Kerabat untuk dimintakan Pendapat

Ajak Kerabat datang ke Pameran Otomotif
(sumber gambar:Mobil123.com)

Datang ke event pameran otomotif seperti IMS atau GIIAS dengan tujuan membeli mobil, sebaiknya tidak datang sendiri karena akan susah dalam mengambil keputusan. Paling tidak Anda ajak kerabat yang setidaknya mengerti mobil, sehingga bisa mudah dalam bertukar pikiran sekaligus memberikan pendapat mana mobil yang sesuai dengan Anda dan keluarga.

Beli Mobil haruslah Nyaman

Beli Mobil haruslah Nyaman
(sumber gambar: Beritagar)

Faktor kenyamanan adalah hal terpenting ketika Anda membeli sebuah mobil, apalagi mobil ini digunakan untuk keluarga. Banyak faktor atau point yang bisa jadi bahan pertimbangan, seperti kursi driver hingga penumpang, ac, luas pandangan (khusus driver). Kenyamanan ini bisa dirasakan ketika Anda melakukan test drive.

Fitur Keamanan juga Penting

Beli Mobil yang Aman
(sumber gambar: otodriver.com)

Tindak kejahatan pencurian mobil kini memang semakin banyak, oleh karena itu fitur keamanan dari sebuah mobil juga harus mendapat perhatian khusus untuk setiap calon pembeli.  Meskipun memang masalah kehilangan mobil bisa dicover oleh asuransi mobi, namun tidak salahnya Anda memperhatikan point ini.

Cek Fitur dan Teknologi yang akan Memudahkan Anda

Start Stop Engine
(sumber gambar: Beritagar)

Mobil-mobil keluaran baru yang dipamerkan dalam setiap pameran otomotif tentunya akan memiliki fitur yang lengkap dengan teknologi terbaru yang akan memudahkan sekaligus memberikan kenyamanan dalam berkendara. Adanya fitur ini tentu akan menjadi nilai tambah yang akan membuat Anda memutuskan membeli mobil tersebut.  Cek fitur-fitur tambahan ini juga ketika test drive.

BACA JUGA:  Cara Mudah Melakukan Perawatan Pada Mobil

Mudah atau Tidak Urusan Perawatan

Merawat Mobil Baru
(sumber gambar: OTOmart.id)

Point ini juga harusnya Anda perhatikan, karena ketika memiliki mobil tidak hanya memilih mana mobil yang bagus dan nyaman. Namun juga diperhatikan masalah perawatan, spare partnya murah dan mudah didapatkan atau tidak.  Jangan ragu-ragu Tanya langsung ke SPG atau sales mobil ketika datang ke pameran otomotif.

Test Drive, Gunakan Rute yang Berbeda

Test Drive GIIAS 2019
(sumber gambar: IDN Times)

Biasanya ada beberapa alternatif rute test drive yang disediakan oleh penyelenggara pameran otomotif. Maksimalkan hal tersebut ketika test drive, sehingga Anda paham kemampuan mobil yag akan Anda beli.

Jangan Buru-buru Memutuskan, Sabar

Beli Mobil Jangan Buru-buru, Sabar
(sumber gambar: momobil.id)

Layaknya membeli gadget, computer, rumah, atau produk lainnya, membeli mobil juga setidaknya jangan terlalu terburu-buru memutuskan karena banyak hal yang harus dipertimbangkan. Jangan juga karena adanyta diskon cashback yang tinggi, Anda lalu tergiur dan memutuskan langsung DP mobil tersebut. Sabar, dan jangan buru-buru! Perhatikan banyak aspek.

Jangan Ragu, Bandingkan Harga

Jangan Ragu Bandingkan Harga
(sumber gambar: Oto.com)

Tidak ada salahnya melakukan perbandingan harga untuk beberapa merk mobil di pameran otmotif GIIAS. Ini sudah menjadi hal lumrah karena ini sebagai cara untuk melihat kemampuan keuangan kita. Jika memang belum cukup, maka tidak perlu memaksakan untuk segera membeli mobil di event otomotif tersebut.

Itulah 10 tips membeli mobil di event pameran otomotif, GIIAS 2019 atau pameran otomotif lainnya. Semoga dengan adanya tips ini bisa membantu Anda dalam menemukan mobil impian. Mau tau berita dan info dunia otomotif terlengkap, kunjungi blog BukanSembarang.info.

Bagikan Artikel Ini!

4 thoughts on “Ini 10 Tips Membeli Mobil di Pameran Otomotif, GIIAS 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.