Berikut Ini Ciri – Ciri Hamil Yang Sering Tidak Disadari

7 Ciri - Ciri Hamil Yang Sering Tidak Disadari

Kebanyakan orang  mengetahui beberapa ciri awal kehamilan yang paling umum terjadi, seperti telat haid, dan mual yang disertai muntah (morning. Namun, ada juga beberapa ciri kehamilan lainnya yang sering tidak disadari. Oleh karena itu, dalam tulisan kali ini akan memberikan informasi tentang ciri-ciri hamil yang sering tidak disadarai berikut ini :

1. Sesak Napas

Sesak Nafas

Dengan adanya peningkatan hormon progesteron yang terjadi pada beberapa minggu pertama kehamilan bisa menyebabkan wanita hamil lebih sering bernapas daripada biasanya. Sehingga wanita hamil merasa seolah-olah sesak napas. Sesak napas ini akibat tidak mampu mendapatkan cukup udara ke paru-paru saat bernapas secara normal. 

2. Gusi Berdarah

Perlu diketahui bahwa selama masa kehamilan, hormon estrogen dapat mempengaruhi peningkatan darah ke rongga mulut. Akibatnya, pasokan darah ke mulut ini bisa menyebabkan gusi menjadi lebih renggang dengan gigi, lebih lembek dan sensitif.

Gusi Berdarah

Kondisi seperti membuat gusi sangat mudah berdarah hanya karena salah gesture mulut saat makan dan menggosok gigi. Untuk mencegah gigi gusi berdarah, maka wanita hamil sebaiknya mengurangi makan makanan yang terlalu keras. Selain itu, gunakanlah sikat gigi dengan bulu sikat yang lebih halus dan lembut.  

3. Sembelit

Sembelit saat hamil muda

Perubahan hormon selama kehamilan bisa menyebabkan beberapa wanita menjadi sembelit. Gejala ini bisa dialami oleh beberapa wanita pada trimester pertama. Peningkatan hormon progesteron bisa mempengaruhi kerja usus rileks, sehingga dapat mempersulit buang air besar (BAB) atau sembelit. 

4. Perut Kembung

Ciri-ciri hamil yang sering tidak disadari lainnya adalah perut kembung. Penyebab dari perut kembung ini adalah meningkatnya hormon progesteron yang bisa memberikan efek relaksasi sehingga pergerakan sistem pencernaan menjadi melambat.  

Perut kembung, ciri hamil awal

Selain itu, semakin bertambahnya usia kehamilan mengakibatkan ukuran rahim semakin membesar serta memberikan tekanan pada usus besar sehingga dapat mengganggu saat pengosongan makanan. 

BACA JUGA:  Travel Hacks: Tetap Cantik Tanpa Ribet Saat Traveling

Untuk mengatasi masalah ini, wanita hamil sebaiknya menghindari makanan yang mengandung gas seperti semangka, kol, durian, dan minuman bersolda karena akan memperburuk perut kembung. Selain itu, untuk meringankan kerja lambung, cobalah untuk mengunyah makanan dengan sempurna saat makan.  

5. Sering Kencing

Sering kencing ini menjadi ciri atau tanda awal kehamilan yang sering tidak disadari. Tanda ini biasanya terjadi sekitar awal minggi ke-6 hingga ke-8 setelah pembuahan. Hal ini dikarenakan, terjadinya perubahan hormon yang membuat kandung kemih menjadi lebih sensitif sehingga wanita hamil menjadi lebih sulit untuk menahan kencing. 

sering kecing

Bahkan, gerekan refleks seperti batuk, bersin, atau tertawa bisa membuat wanita mengompol tanpa disadari saat masa kehamilan. 

6. Keputihan

Keputihan

Selain pendarahan, wanita hamil juga bisa mengalami keputihan. Hal ini dikarenakan adanya penebalan dinding vagina yang dimulai sesaat setelah pembuahan. Selain itu, meningkatnya pertumbuhan sel-sel yang melapisi vagina menyebabkan keluarnya keputihan. Kondisi ini bisa berlanjut sepanjang kehamilan, namun biasanya tidak berbahaya dan tidak membutuhkan perawatan khusus. 

7. Muncul Bercak Darah

Timbulnya bercak darah bisa menjadi salah satu tanda kehamilan yang sering tidak disadari. Bercak darah kehamilan ini berbeda dengan darah menstruasi. Bercak darah tanda kehamilan ini bisa disebut perdarahan implantas yang terjadi antara 6-12 hari setelah sel telur dibuahi.

Muncul Bercak Darah

Selain itu, pendarahan ini juga biasanya sangat sedikit dan terjadi lebih cepat dari tanggal menstruasi biasanya. Bukan hanya itu, warna darahnya pun sangat berbeda dengan darah menstruasi, yakni lebih kekuningan atau kecokelatan.

Bagikan Artikel Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.