Jenis Kanker yang Sering Mengintai Anak-anak

Kanker merupakan kondisi dimana sel tubuh kehilangan kendali dan mengalami pertumbuhan abonormal, cepat, dan tidak terkendali. Tak pandang bulu, kanker bisa menyerang siapa saja termasuk anak-anak. Bukan hanya memotivasi anak yang menderita kanker untuk berjuang melawan penyakitnya, keluarga juga harus menyiapkan biaya yang besar untuk pengobatan karena ini termasuk ke dalam penyakit yang paling menguras kantong. Namun untuk mengatasi biaya, pemegang asuransi kesehatan masih bisa mengajukan Allianz klaim agar pihak asuransi kesehatan dapat menanggung biaya pengobatan di rumah sakit.kanker pada anak

Maka dari itu, untuk melindungi buah hati sebaiknya persiapkan asuransi kesehatan sejak dini. Selain itu, pastikan Anda selalu rutin memeriksakan kesehatan anak ke dokter dan kenali beberapa jenis kanker pada anak sejak dini. Berikut inilah beberapa jenis kanker yang paling sering terjadi pada anak-anak:

  • Leukemia

Leukemia merupakan jenis kanker darah yang berasal dari sumsum tulang. Gejala dari penyakit leukemia adalah pembesaran hati, limpa, kelenjar getah bening, badan lemas, nafsu makan menurun, pucat, dan demam.

  • Limfoma maligna

Jenis kanker ini menyerang jaringan getah bening. Gejalanya bisa berupa pembesaran kelenjar getah bening di leher, ketiak, pangkal paha tanpa ada rasa nyeri.

  • Retinoblastoma

Tumor ganas primer pada mata ini biasanya kerap menyerang anak di bawah usia lima tahun. Gejala yang timbul pada penderita retinoblastoma, yakni pembesaran bola mata, peradangan jaringan bola mata, mata kucing, juling, dan penglihatan buram.

  • Karsinoma nasofaring

Kanker yang satu ini disebabkan oleh tumor ganas pada daerah antara hidung dan tenggorok. Gejala yang terjadi meliputi pilek dan air liur yang kental, hidung tersumbat, mimisan, telinga berdengung dan terasa penuh.

  • Osteosarkoma

Osteosarkoma adalah kanker yang timbul di tulang. Biasanya ditandai dengan gejala nyeri tulang di malam hari, pembengkakan, kemerahan, dan rasa hangat di area tulang.

  • Neuroblastoma

Neuroblastoma merupakan tumor embrional dari sistem saraf simpatis dari jaringan saraf. Gejala yang dirasakan meliputi nyeri tulang, perdarahan di sekitar mata, mata yang menonjol, diare, begah, leher bengkak, dan gangguan fungsi kemih. (source: klikdokter)

Itulah beberapa jenis kanker yang kerap ditemui pada anak-anak. Namun, jangan terlalu khawatir, yang penting selalu berikan yang terbaik pada anak Anda! (Rima)

Bagikan Artikel Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.