5 Tips Menghindari Resiko dalam Bisnis Sewa Mobil

Saat ini, bisnis sewa mobil sedang banyak diminati oleh para wirausahawan muda. Memanfaatkan mobil yang dimiliki untuk menambah pundi-pundi pemasukan tentunya menarik untuk dicoba. Namun melakukan setiap bisnis pasti memiliki resikonya masing-masing. Beberapa resiko yang dapat dialami yaitu pencurian mobil sewa, mobil sewa digadaikan, mobil sewa dijual, menggunakan mobil sewa untuk kejahatan serta pengembalian mobil dengan kesepakatan yang dilanggar.

5 Tips Menghindari Resiko dalam Bisnis Sewa Mobil

Hal ini tentu saja merugikan Anda sebagai pihak penyedia jasa sewa mobil. Namun sebagai wirausahawan Anda tak perlu takut untuk menghadapinya. Resiko-resiko tersebut tentu bisa diminimalisir atau bahkan tidak terjadi dengan beberapa cara. Lalu bagaimana cara mengatasi resiko-resiko tersebut dalam bisnis jasa sewa mobil? Berikut ulasannnya.

1. Melakukan Penilaian Calon Peminjam Mobil

Melakukan penilaian calon peminjam mobil

Sebelum meminjamkan mobil Anda pada calon peminjam, tak ada salahnya jika Anda menilai calon peminjam mobil. Hal sederhana yang bisa Anda lakukan yaitu bertanya mengenai nama, alamat serta keperluan si peminjam menyewa mobil. Jika memiliki jawaban yang mencurigakan yang dapat mengarah pada resiko, tentunya Anda bisa membatalkan sewa mobil.

2. Memiliki Administrasi Sewa Mobil yang Tertata

Memiliki administrasi sewa mobil yang tertata

Selain bertanya mengenai informasi calon peminjam mobil, ada baiknya Anda juga melakukan administrasi secara tertulis. Setidaknya informasi mengenai peminjam serta mobil sewa yang dipakai jelas tertulis. Administrasi yang baik dapat mengurangi terjadinya resiko kehilangan mobil sewa. Jika Anda lupa, atau bahkan tidak memiliki administrasi yang baik bisa dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

BACA JUGA:  Beragam Jenis Kartu PVC (Poly Vinyl Chloride)

3. Memasang Alat Pelacak di Mobil Yang Disewakan

Memasang alat pelacak di mobil sewa

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memasang alat pelacak. Pemasangan ini tentunya berguna untuk menghindari pencurian mobil. Anda jadi bisa mengetahui posisi mobil yang disewa, dan apabila mengetahui kejanggalan posisinya maka bisa segera Anda antisipasi. Misalnya saja melaporkan pada oknum yang berwenang. Hanya saja, dana yang dibutuhkan perlu lebih banyak untuk pemasangan alat pelacak ini.

4. Memberikan Persyaratan Ketat

Memberikan persyaratan ketat

Memberikan beberapa persyaratan secara ketat dilakukan untuk menjaga rasa percaya antar pemilik dan penyewa mobil. Bukan untuk mempersulitnya. Hal ini tentu saja perlu Anda jelaskan dengan baik. Jika dapat memahami persyaratan yang Anda berikan, tentunya penyeewa tidak akan merasa keberatan dan setuju.

Apabila penyewa merasa keberatan, bisa jadi terdapat resiko untuk niat menipu meski tak selamanya benar. Jangan ragu untuk memperketat persyaratan sewa mobil Anda. Anda bisa mengajukan syarat seperti KTP asli, KK atau dokumen  yang lainnya.

5. Bergabung di ASPERKINDO

Bergabung di ASPERKINDO

ASPERKINDO merupakan Asosiasi Pengusaha Rental Mobil Indonesia yang telah berafiliasi dengan lembaga negara salah satunya POLRI. Dengan bergabung bersama ASPERKINDO, Anda dapat meminimalisir risiko-risiko dalam persewaan mobil. Misalnya saja apabila terjadi tindak pencurian, maka POLRI bisa segera mengatasi. Selain kelebihan tersebut, Anda juga bisa mendapatkan info-info penting yang dapat mengupgrade usaha Anda.

Lima poin diatas merupakan tips yang bisa Anda lakukan untuk menghindari resiko dalam berbisnis sewa mobil. Dengan meminimaisir resiko yang bisa saja terjadi dalam bisnis Anda, pastinya lebih aman dan terpercaya. Omset atau keuntungan yang Anda dapatkan juga semakin meningkat.

Selain tips di atas, Anda juga membutuhkan aplikasi yang akan membantu dalam urusan pengelolaan sekaligus managemen usaha. Salah satu aplikasi usaha yang tim bukansembarang.info rekomendasikan adalah aplikasi Youtap.

BACA JUGA:  Sebelum Membuka Kantor Baru, Perhatikan 6 Perlengkapan Kantor Ini untuk Kebutuhan Kerja para Karyawan

Aplikasi besutan Salim Group dan Youtap Global yang memiliki base di Auckland ini memiliki produk-produk jagoan seperti Youtap POS (aplikasi kasir digital), Belanja Stok sebagai supply chain yang menyediakan beragam produk untuk stok kebutuhan usaha, payment gateway yang sudah terintegrasi dengan banyak bank dan e-wallet terkemuka di Indonesia hingga solusi loyalty and vas untuk memudahkan merchant membuat program dan promo buatan sendiri untuk meningkatkan keuntungan usaha Anda.

Banner Download Youtap POS

Untuk Anda yang memiliki bisnis sewa mobil bisa memanfaatkan fitur PHP (Pesan dari HP) yang memudahkan untuk user yang ingin menyewa bisa melakukan pemesanan melalui fitur ini. Cukup dengan donwload Youtap POS – Kasir Digital, Anda bisa membuat e-menu yang memuat layanan sewa mobil Anda dan dapat dibagikan melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *