Mengamankan Website agar Tidak Dibobol Hacker

Mungkin Anda berpikir website Anda tidak seperti website milik pemerintah yang menyimpan data. Namun, bagaimana jika website Anda dibobol oleh hacker yang kemudian membuat bisnis Anda hancur? Bagaimana jika ada kompetitor yang tidak mau bersaing dengan fair dengan cara meminta hacker untuk membobol data dan menyerahkan data tersebut kepada mereka?

Mengamankan Website agar Tidak Dibobol Hacker
Gambar: Doc. Online Tech Tips

Maka dari itu, bisnis apapun yang Anda jalankan, mengamankan website hal yang penting. Apalagi jika website Anda gunakan untuk menjaga eksistensi bisnis Anda. sebaiknya Anda pastikan jasa pembuatan website perusahaan yang Anda pilih bisa memberikan tingkat security yang paling baik.

Tips Mengamankan Website dari Serangan Hacker

Ada saja cara yang dilakukan oleh seorang hacker ketika ingin membobol sebuah website. Ada yang berniat untuk iseng. Ia membobol situs tertentu untuk show off atau pamer saja. Namun, ada juga yang memang ingin mencuri data, entah itu untuk dirinya sendiri atau atas permintaan orang lain.

Apapun itu, Anda harus mengamankan website Anda agar tidak dibobol oleh hacker. Bagaimana caranya?

1. Manfaatkan Firewall

Yang pertama adalah menggunakan firewall. Apa itu firewall? Secara sederhana, ini sebuah fitur yang mampu melakukan blokir terhadap apapun serangan yang dilakukan oleh hacker. Caranya dengan membaca setiap bit yang masuk. Dan jika ada yang mencurigakan, maka fitur firewall ini akan memblokir.

Manfaatkan Firewall
Gambar. Doc: Freepik/@krisikorn

Tidak hanya itu. Fitur firewall juga memblokir IP address yang dari sebuah situs yang berbahaya yang ingin Anda buka. Jadi, firewall ini tidak hanya melindungi dari serangan dari luar tapi juga mencegah Anda membuka pintu sehingga device yang Anda gunakan bisa merugikan website Anda.

2. Aktifkan SSL

Aktifkan SSL
Aktifkan fitur SSL pada website. (Gambar. Doc: HostGator)

Ini fitur yang sudah disediakan oleh pihak hosting. SSL singkatan dari Secure Socket Layer. Tugasnya adalah untuk mentransfer semua informasi yang ada di internet antara website dan database. Dengan cara ini, tidak mudah bagian pihak tertentu untuk membobol dan mencuri data website Anda.

BACA JUGA:  Ingin Mencoba Menggunakan Paket Internet Unlimited 3 Indonesia? Simak Ulasan Berikut!

3. Gunakan Layanan Cloud Hosting Terbaik

Cloud Hosting
Pilih cloud hosting terbaik sebagai tempat atau server website.

Saat Anda memesan website di jasa pembuatan website, Anda bisa tanyakan di mana mereka menyewa hosting. Anda harus memastikan mereka menggunakan hosting yang terbaik karena mereka menggunakan sistem keamanan yang bagus.

4. Update Software

Update Software Website
Gambar. Doc: Freepik/@inspiring

Developer selalu melakukan update. Tujuannya entah untuk memberikan layanan yang lebih optimal ataupun untuk memberikan keamanan yang lebih kuat. Jadi, lakukan update jika developer software yang Anda gunakan meminta Anda untuk melakukan update.

Itulah beberapa cara untuk mengamankan website agar tidak mudah dibobol oleh hacker.

Pengamanan Manual Juga Diperlukan

Sebenarnya, masih banyak sekali fitur yang sudah disiapkan untuk memberikan keamanan pada website Anda. Namun, semakin banyak fitur, kemungkinan besar semakin besar biaya pembuatan website yang harus Anda keluarkan.

Pengamanan Website Manual dan Regular
Gambar. Doc: Freepik/@kaboompics

Maka dari itu, akan lebih bijak jika Anda gunakan fitur yang standar saja. Sementara itu, masih ada pengamanan manual yang bisa Anda lakukan. Misalnya saja melakukan backup secara rutin. Semakin sering Anda melakukan backup, maka itu lebih baik. Terutama ketika ada data baru dan penting yang seharusnya Anda amankan.

Yang jelas, pastikan Anda menyerahkan urusan pembuatan website pada pihak yang tepat, yaitu pihak yang benar-benar tahu mengenai seluk beluk tentang website. Mintalah agar website Anda dilindungi dari tindakan pembobolan oleh hacker. Fitur-fitur keamanan bisa diaktifkan. Selain itu, lakukan pengamanan tambahan dengan cara membackup data-data penting sehingga tidak ada risiko dicuri oleh hacker.

Bagikan Artikel Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.