Syarat Yang Wajib Dipenuhi Agar Bisa Lolos Wawancara Rekrutmen Pegadaian

PT Pegadaian mengadakan rekrutmen bagi calon pekerja yang ingin berkontribusi lebih bagi masyarakat dengan menjadi bagian dari Badan Usaha Milik Negara. Proses rekrutmen ini dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dalam mencari calon pekerja dengan kemampuan dan keahlian yang sesuai dengan posisi atau jabatan yang dibutuhkan.

Untuk bisa bekerja di PT Pegadaian, para calon pekerja akan dihadapkan dengan beberapa tes. Agar lolos dari semua tes, diharapkan calon pekerja mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan tes tersebut.

Syarat Yang Wajib Dipenuhi Agar Bisa Lolos Wawancara Rekrutmen
Gambar: Freepik/@ijeab

Adapun berikut sejumlah tips untuk bisa lolos dalam tahap wawancara di Pegadaian, yaitu:

1. Pada saat dihadapkan dengan pertanyaan “Perkenalkan diri Anda dan kesibukan apa yang sedang dilakukan saat ini”

Pertanyaan ini ditujukan untuk mengetahui profil singkat tentang diri Anda, seperti nama lengkap, domisili, pendidikan, serta kesibukan yang sedang dilakukan. Jawab pertanyaan ini secukupnya tanpa bertele-tele, tetapi mampu menarik HRD untuk menggali pertanyaan lebih lanjut tentang kemampuan Anda lainnya.

2. Pada saat dihadapkan dengan pertanyaan “Gambarkan diri Anda”

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui karakter dasar Anda. Calon pekerja yang berkarakter kuat tentunya akan menarik perhatian pemberi kerja. Terutama jika karakter yang Anda tampilkan sesuai dengan nilai-nilai perusahaan. Oleh sebab itu, pilihlah 3 kata yang dapat mendeskripsikan diri Anda. Sesuaikan posisi pekerjaan yang dilamar dengan karakter Anda, berikan gambaran karakter yang sesuai dan pilih kata-kata yang positif. Misalnya jujur, pekerja keras, antusias, berkomitmen tinggi, mudah bekerjasama, komunikator yang baik, dan lain sebagainya.

BACA JUGA:  5 Cara Mengecek Nomor BPJS Ketenagakerjaan

3. Pada saat dihadapkan dengan pertanyaan “Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ini?”

Pertanyaan ini cukup penting, karena seorang pelamar wajib mengetahui tempat atau perusahaan yang ia tuju. Biasanya pertanyaan ini muncul untuk mengetahui tingkat pengetahuan calon karyawan terhadap visi dan misi perusahaan. Tips dalam menjawab pertanyaan ini adalah pastikan fokus pada sisi positif perusahaan yang akan dilamar. Jangan sampai membandingkan dengan perusahaan yang terdahulu. Tunjukkan bahwa perusahaan yang sedang dilamar ini memiliki keunggulan-keunggulan yang membuat Anda tertarik untuk bergabung.

Pegadaian

4. Pada saat dihadapkan dengan pertanyaan “Mengapa Anda tertarik dengan perusahaan ini?”

Pertanyaan ini merupakan usaha untuk mencari motivasi kerja yang sesungguhnya karena setiap perusahaan lebih menginginkan pekerja yang loyal. Oleh sebab itu, pastikan jawaban yang diberikan bukan jawaban remeh seperti kenaikan gaji. Sebaiknya jawab pertanyaan ini disertai dengan alasan-alasan positif. Misalnya karena ingin berkontribusi lebih dalam menyalurkan bakat atau lebih karena posisi yang dilamar sesuai dengan latar belakang pendidikan.

5. Pada saat dihadapkan dengan pertanyaan “Apa yang Anda ketahui tentang pekerjaan yang dilamar?”

Sangat penting untuk mengetahui posisi dan deskripsi kerja dari pekerjaan yang dilamar, karena hal tersebut berkaitan dengan tugas di perusahaan tersebut di kemudian hari. Perusahaan pasti enggan mempekerjakan orang yang tidak mengerti apapun tentang tugas-tugasnya, karena artinya akan dibutuhkan waktu lebih lama untuk membuat karyawan baru beradaptasi dengan lingkungan perusahaan. Oleh sebab itu, pastikan Anda telah mencari informasi terlebih dahulu mengenai apa yang kira-kira akan menjadi tanggung jawab Anda. Dengan jawaban yang tepat, perusahaan akan merasa bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk posisi ini.

Pastikan jika Anda mendaftar pada lowongan Pegadaian, sebaiknya Anda mengikuti proses pengadaan pegawai Pegadaian dengan tahap yang sudah ditentukan. Pastikan juga jawaban yang Anda berikan pada saat sesi interview sudah sesuai dan mengembangkannya dengan apa yang disebutkan di atas. Semoga sukses!

BACA JUGA:  Motivasi Peningkat Kinerja Pegawai di Kantor

Sumber: https://www.cermati.com/artikel/tips-menjawab-10-pertanyaan-jebakan-saat-interview-kerja

Bagikan Artikel Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *