Trik Memilih Oli Mesin Terbaik

Adanya oli mesin terbaik pada suatu mesin mobil diibaratkan seperti darah yang mengalir pada tubuh manusia. Oli pelumas mesin yang berkualitas dan sesuai dengan karakter suatu mesin akan menjadikan mesin itu bekerja dengan lebih ringan, tarikan enteng dan bunyi yang dihasilkan mesin halus. Selain itu juga performa mesin senantiasa terjaga khususnya jika pergantian oli yang lama dengan oli yang baru terjadwal pada periode waktu tertentu.

Memilih oli mesin yang paling baik bagi mobil kesayangan Anda dan sesuai dengan karakteristik mesin mobil menjadi hal yang cukup gampang-gampang sulit. Oleh karena itu sebelum memutuskan untuk memilih oli mesin mobil akan diulas terlebih dahulu tentang sistem pelumasan oli pada mesin mobil dan perbedaan dari oli mineral serta oli sintetik.

Oli Mesin Mobil Terbaik

Sistem pelumasan oli pada mesin mobil sendiri mempunyai beberapa tujuan yaitu.

  • Memberi proteksi atau perlindungan pada komponen-komponen mesin yang berputar ataupun bergerak dari bahaya aus sebagai akibat gesekan.
  • Menjadi sarana pendingin komponen-komponen mesin yang tak dapat dijangkau oleh saluran sistem pendinginan mesin pada umumnya yaitu dengan media air atau coolant.
  • Menjadi pencegah komponen-komponen mesin terkena korosi atau karat sebagai akibat limbah kimia yang dihasilkan dari proses pembakaran di dalam ruang mesin.

Ke-3 tujuan tersebut menunjukan kenapa harus mengganti oli mesin. Supaya keseluruhan tujuan itu dapat dicapai maka sistem pelumasan oli mesin terbaik mesti memberi perlindungan total pada komponen-komponen mesin yang berputar ataupun bergerak dengan bentuk full film lubrication atau selubung tipis pelumasan yang bisa diperoleh dengan adanya asupan oli bersih secara konstan. Oleh karena itu dalam sistem pelumasan selain terdapat oli pelumas juga ada filter oli, pompa oli, dan saluran oli yang tersebar ke semua bagian mesin.

Perbedaan oli mineral dan oli sintetik sebenarnya terdapat pada proses pembuatannya, karena oli mineral dan oli sintetik mempunyai bahan yang sama yaitu dari crude oil atau minyak mentah.

  • Oli mineral sendiri menjadi produk sampingan dari hasil penyulingan mentah yang digunakan untuk memproduksi bensin dan produk berbahan minyak bumi yang lain, sehingga harganya amat murah dan keberadaannya banyak.
  • Oli sintetik dibuat dari oli mineral namun dengan pengolahan lebih lanjut dan melalui proses lebih lama dan juga canggih dimulai dari penyulingan, pengilangan, dan pemurnian hingga menghasilkan oli dengan ukuran, bentuk, dan juga berat molekul yang sama yang tak tersedia di alam.

Demikian sedikit ulasan mengenai oli mesin dan semoga Anda dapat memilih oli mesin terbaik.

2 thoughts on “Trik Memilih Oli Mesin Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.