Ulasan Seputar Corona Virus yang Harus Diputus Mata Rantainya

Covid 19 merupakan salah satu virus yang terklasifikasi dalam jenis virus corona. Jika dibanding virus dengan virus pendahulunya mers dan sars, memang covid 19 memiliki tingkat resiko yang lebih rendah dalam hal kematian. Namun sistem penyebaran yang cepat dan mudah dari virus inilah, yang akan lebih membahayakan bagi keberlangsungan kehidupan. Dengan sistem penyebaran yang mudah dan cepat inilah, dikhawatirkan nantinya efek penanganan dari jenis penyakit ini yang semakin hari semakin bertambah banyak akan menimbulkan kesulitan tersendiri bagi para tenaga medis yang menanganinya. Penanganan yang tidak dilakukan dengan optimal inilah, yang nantinya dapat menyebabkan efek yang lebih membahayakan.

Ulasan Seputar Corona Virus yang Harus Diputus Mata Rantainya
Gambar: Dok. Tirto

Covid 19 merupakan sebuah virus yang secara menyeluruh menyerang sistem pernapasan pada manusia. Virus ini berbentuk sangat kecil dan kasat mata, sehingga akan sulit dideteksi penyebarannya. Secara umum penularan virus ini lebih banyak terjadi melalui sistem dropet ataupun percikan air liur para penderitanya. Penyebaran virus ini lebih cepat terjadi ketika seorang yang terpapar virus ini berkomunikasi dengan orang lainnya. Selain itu virus ini pun dapat menempel pada benda-benda tertentu dan bertahan cukup lama di dalamnya, sehingga penularan pun dapat terjadi ketika seseorang menyentuh benda tersebut yang telah terpapar oleh virus.

Dengan sistem penyebaran yang mudah dan cepat inilah, maka pencegahan paling tepat yang telah dianjurkan oleh WHO dan pemerintah Indonesia adalah menjaga jarak aman untuk berkomunikasi antara satu orang dengan orang lainnya. Jarak aman yang harus diberikan ketika kita melakukan komunikasi dengan orang lain adalah 1 meter. Selain jarak aman, pemerintah pun kini menganjurkan setiap orang untuk menggunakan masker ketika berada di luar rumah, baik untuk orang sakit ataupun sehat. Penggunaan masker ini bertujuan untuk mencegah masuknya virus melalui mulut ataupun sistem pernapasan kita.

BACA JUGA:  Mau Hidup Lebih Sehat? Yuk Kenali Gejala Dehidrasi Dengan Baik

Selain anjuran seperti di atas yang diberikan oleh pemerintah secara resmi, berikut ini beberapa hal yang harus kita lakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona, yang antara lain adalah:

  • Rajin mencuci tangan setiap saat dengan menggunakan sabun dan air mengalir. Jika tidak memungkinkan maka penggunaan handsanitezer untuk mencuci tangan akan dianjurkan.
  • Menghindari tempat kerumunan, dan tidak keluar rumah jika tidak memiliki keperluan yang penting dan mendesak.
  • Tidak sembarangan menyentuh berbagai benda yang terdapat di area umum, karena benda tersebut bisa saja menjadi media penyebaran virus.
  • Membersihkan berbagai benda pribadi yang kita gunakan sesering mungkin dengan menggunakan cairan disinfektan.
Cek Ulasan Seputar Corona Virus Online di HaloDoc
Gambar: Dok. HaloDoc

Hal lain yang perlu kita lakukan, adalah menjaga kondisi tubuh kita agar tetap sehat dan memiliki sistem imun yang kuat. Mengkonsumsi makanan bergizi dengan berbagai sayuran hijau di dalamnya, sebaiknya kita lakukan setiap hari. Melakukan olahraga ringan dari dalam rumah pun akan sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita. Konsumsi multivitamin yang memang berkhasiat untuk menjaga sistem imunitas tubuh seperti vitamin E dan vitamin C.

Untuk lebih mempercepat pemutusan mata rantai penyebaran virus corona ini, sebaiknya tetap tinggal di rumah dan lakukan berbagai pekerjaan dari rumah. Jika terpaksa harus bepergian demi pekerjaan, maka pastikan Anda membersihkan diri terlebih dahulu ketika sampai di dalam rumah dan hindari menyentuh benda-benda yang terdapat di dalam rumah, sebelum Anda membersihkan diri. Gunakan alat pelindung diri yang memang harus digunakan, ketika kita melakukan aktivitas di luar rumah seperti masker ataupun kaos tangan. Dengan cara inilah diharapkan covid 19 tidak menyebar lebih luas dan dapat hilang dengan cepat.

Bagikan Artikel Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.