Ketika Mencuci Baju dengan Mesin Cuci, Jangan Lakukan Kesalahan Ini!

Tak hanya praktis, mencuci baju ataupun pakaian menggunakan mesin cuci memang dapat membantu memudahkan pekerjaan rumah tangga. Di mana, Anda tak perlu lagi repot memakai kedua tangan hanya untuk mencuci bersih baju tersebut. Selagi mencuci, Anda juga bisa mengerjakan pekerjaan rumah tangga lainnya yang lebih urgent. Namun demikian, mencuci dengan mesin cuci tentu tak semudah yang dibayangkan karena salah sedikit saja bisa-bisa Anda malah merusak baju bahkan mesin cuci itu sendiri.

Kesalahan Mencuci Baju dengan Mesin Cuci
Gambar: Dok. Freepik

Kesalahan Dasar Ketika Mencuci Baju Menggunakan Mesin Cuci

Sekalipun Anda tahu betul cara mencuci baju menggunakan mesin cuci, namun sebaiknya Anda harus berhati-hati dan tidak melakukan beberapa kesalahan berikut. Apa saja? Yuk, disimak!

Tidak memisahkan cucian

Mencuci memakai mesin cuci memang terbilang praktis. Anda tinggal memasukkan seluruh cucian ke dalam mesin cuci, tinggal memberi sabun, dan air lalu kemudian mesin cuci akan langsung mencuci baju tersebut. Meskipun begitu, ketika mencuci, sebaiknya Anda tetap memisahkan baju-baju yang ingin dicuci. Sebab, tidak semua jenis baju bisa disatukan pencuciannya.

Misalnya saja, untuk baju dengan warna yang sedikit gelap baiknya dipisahkan dengan yang terang. Ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya luntur pada baju. Ketika mencuci seprai pun sebaiknya dipisah dengan baju yang biasa Anda gunakan.

Menggunakan terlalu banyak deterjen

Tak menutup kemungkinan sebagian dari Anda mungkin pernah beranggapan “semakin banyak menggunakan deterjen saat mencuci, maka cucian akan semakin bersih”. Faktanya, memasukkan maupun menggunakan deterjen yang terlalu banyak malah bisa merusak baju dan bahkan merusak mesin cuci.

Untuk itu, sebaiknya gunakanlah deterjen sesuai dengan takaran yang tertera pada setiap kemasan deterjen agar tidak menimbulkan masalah nantinya.

BACA JUGA:  Yang Unik dan Menarik Tentang IKEA

Jumlah baju yang dicuci tidak mencukupi kapasitas mesin cuci

Agar lebih cepat selesai, terkadang banyak dari Anda semua mungkin langsung memasukkan baju dengan jumlah banyak pada mesin cuci. Melakukan hal seperti ini tentu tak dibenarkan karena mesin cuci tersebut akan bekerja lebih ekstra karena jumlahnya tidak mencukupi kapasitas mesin cuci.

Di samping itu, cucian juga tidak akan besih dengan sempurna. Oleh karena itu, pastikan Anda hanya memasukkan baju yang memang mencukupi kapasitas mesin cuci.

Memakai air dengan suhu salah

Anda mungkin mengira jika mencuci menggunakan air panas ataupun air hangat dapat membersihkan kotoran yang menempel di baju dengan cepat. Namun, sayangnya, tidak semua jenis bahan baju bisa dicuci menggunakan air panas maupun hangat.

Contohnya saja, untuk bahan rajutan, di mana akan menyusut ketika terkena air panas. Oleh sebab itu, ada baiknya perhatikan kembali suhu air yang digunakan agar tidak merusak baju yang dicuci.

Kesalahan Lain Ketika Proses Mencuci Baju dengan Mesin Cuci

Cara Mencuci Baju dengan Mesin Cuci
Gambar: Dok. Freepik

Selain kesalahan-kesalahan yang sudah dituliskan di atas, Anda juga sering melakukan kesalahan ini, di antaranya:

  • Lupa mengeluarkan baju yang sudah dicuci dari dalam mesin cuci, yang mana jika dibiarkan lama membuat pakaian berbau apek.
  • Tidak membersihkan kotoran maupun noda yang menempel di baju sebelum dimasukkan ke dalam mesin cuci sehingga membuat noda tersebut membekas setelah dicuci.
  • Lupa mengunci kembali ritsleting baju maupun celana yang digunakan sehingga mengakibatkan baju lain malah rusak atau bahkan sobek.
  • Tidak membaca dengan benar petunjuk perawatan baju yang biasanya tertera dilabel baju tersebut.
  • Lupa mengeluarkan benda-benda yang terdapat di kantung baju maupun celana sehingga membuatnya ikut tercuci. Jika benda tersebut adalah pulpen tentu tintanya akan mengotori baju lainnya.
BACA JUGA:  Cara Merawat Jam Tangan Pria Seiko Berbahan Stainless Steel

Gimana? Apakah Anda melakukan kesalahan-kesalahan tersebut saat mencuci menggunakan mesin cuci? Share jawabannya, yuk!

Bagikan Artikel Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.