Tips Memperpanjang Usia Ban Mobil

Tips otomotif yang diberitakan banyak portal otomotif di Indonesia bahkan di dunia adalah merawat ban mobil. Ban merupakan salah satu komponen yang terdapat pada sebuah mobil. Biasanya ban memilih usia pakai 10 tahun sejak pertama kali diproduksi. Tapi bisa saja ban wajib diganti sebelum mencari 10 tahun.

Sata Agung Nugraha, selaku kepala bengkel Bekasi Barat menuturkan usia umumnya mobil yang sering digunakan akan lebih pendek umurnya yakni 2 hingga 3 tahun. Hal tersebut dengan catatan tekanan angin pada ban selalu sesuai dengan rekomendasi produsen.

Tips Memperpanjang Usia Ban Mobil
(sumber: intersport.id)

“Jika selalu mengikuti aturan tersebut bisa jadi lebih awet. Pasalnya kelebihan ataupun kurangnya tekanan angin bisa menjadikan permukaan ban menjadi cepat habis,” ujar Sapta Agung Nugraha.

Pada intinya ban tersebut sudah harus diganti atau belum bisa dilihat dengan kondisi ban itu sendiri. Jika permukaan ban sudah gundul maka ada baiknya ban segera di ganti, lanjut Sapta.

“Jika mobil jarang digunakan dan permukaan ban masih bagus hingga tiga tahun, alangkah baiknya cek juga kondisi ban apakah benar-benar masih bagus atau sudah ada sebagian yang telah retak,” ujar.

Ban Mobil Perlu Disiapkan untuk Menghadapi Musim Hujan

Cuaca di Indonesia yang tidak bisa diperhatikan. Terkadang saat pagi cerah, bisa tiba-tiba hujan. Pada kondisi ini mengharuskan pengemudi mobil memperhatikan diri dan kelengkapan berkendara dengan baik, termasuk ban mobil.

Berkendara dengan menggunakan mobil pada saat musim hujan perlu kewaspadaan ekstra. Bukan hanya konsentrasi dan kesigapan penuh saat berkendara, pemilihan ban pada saat musim hujan juga perlu diperhatikan. Jangan pilih mobil dari modelnya, tapi pakailah ban yang cocok pada saat kondisi jalan basah.

Memperhatikan Tekanan Angin
(sumber: Fastnlow.net)

Selain memilih ban yang tepat, pastikan juga ban dalam kondisi baik. Jika ban dirasa licin pada saat melewati jalan yang basah. Ini menjadi penanda ban mobil anda harus diganti karen akan sangat berisiko terdapat keamanan dan keselamatan saat berkendara.

BACA JUGA:  Perhatikan Plus dan Minus Modifikasi Komponen Mobil Berikut Ini

Tips otomotif dalam memperpanjang usia ban mobil adalah dengan memperhatikan tekanan angin pada ban mobil/ Hal ini harus menjadi perhatian setiap pemilik mobil apalagi ketika memasuki musim hujan, gunakanlah tekanan ban yang direkomendasikan.

Semoga tips dan informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda sebagai pemilik kendaraan.

Bagikan Artikel Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.