Agar Tidak Boros, Jangan Lupa Ganti Komponen Mobil Ini!

Saat mengendarai sebuah mobil, pernah gak nih kamu mengalami yang namanya mobil sangat boros dengan bahan bakar? Jika pernah, maka kamu janganlah menyalahkan produk mobil yang sudah dibeli mengalami kegagalan ketika membuatnya. Mengapa? Sebab, banyak faktor yang bisa menyebabkan kenapa mobil kamu bisa mengalami pemborosan bensin, salah satunya komponen mobil yang selalu dipakai dan tidak pernah diganti. Padahal, mengganti komponen mobil ini sangat penting kamu lakukan, agar nantinya tidak terlalu boros menggunakan bahan bakar. Menariknya, saat penggantiannya pun bisa diganti sendiri tanpa harus membawanya ke pihak asuransi dan mengajukan klaim asuransi mobil All Risk.

Komponen Mobil

So, apa sajakah komponen di dalam mobil yang harus diganti supaya tidak boros bahan bakar? Yuks, langsung saja disimak beberapa diantaranya:

  1. Busi. Busi adalah sebuah komponen di dalam mobil yang berfungsi untuk memantikkan api ke ruang pembakaran mesin. Apabila komponen yang satu ini tidak pernah diganti, maka hanya mengakibatkan pemborosan pada bahan bakar. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya kamu mengganti busi dengan yang baru. Dengan adanya penggantian busi ini, tentunya akan membuat performa mobil kamu semakin bagus sekaligus mesin di dalam mobil lebih bersih.
  2. Saringan udara. Saringan udara sendiri difungsikan untuk menyaring udara masuk ke dalam mesin mobil. Jika saringan udara ini kotor, tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan jarak tempuh pada mobil akan mengalami pengurangan dan lebih boros bahan bakar. Maka dari itu, jangan pernah untuk tidak mengganti saringan udara ini dan selalu memeriksanya secara rutin. Apabila terdapat saringan udara yang sudah tidak layak, sesegera mungkin menggantinya dengan yang baru.
  3. Ban. Ban digunakan untuk mengontrol sekaligus memberikan traksi pada mobil. Ban yang sudah tipis, kempes, maupun robek akan mempengaruhi performa dan membuat bensin lebih cepat habis dari biasanya dikarenakan lajunya sangat lambat. Nah, supaya tidak menghabiskan bensin, periksalah ban setiap bulan agar memberikan kenyamanan saat dikendarai serta lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar.
  4. Sensor aliran udara. Fungsi dari sensor aliran udara adalah untuk mengukur udara yang masuk ke dalam mesin mobil serta mengirimkan informasi ke komputer mesin mobil. Selain itu, sensor aliran udara juga dimanfaatkan untuk mengatur sistem pengapian pada mobil, transmisi, dan injeksi bahan bakar. Apabila sensor ini kotor, semua informasi yang dikirimkan pun tidak akan akurat lagi dan membuat bensin lebih boros. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk mengganti sensor aliran udara ini jika sudah kotor dan tidak layak digunakan.

Dengan memperhatikan perawatan komponen mobilmu dan menggantinya disaat yang tepat akan memberikan banyak manfaat. Dan juga, kalau kamu menjaga mobilmu dengan baik nggak perlu takut klaim asuransi mobil ditolak saat terjadi risiko pada mobil kesayanganmu, sebab kemungkinan kamu yang menyebabkan kerusakan mobil akan semakin kecil. Nah, demikianlah beberapa komponen yang harus diganti, agar tidak menghabiskan bahan bakar terlalu cepat. Selamat mencoba! –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.