5 Cara Belajar Gitar Biar Cepat Mahir

Belajar gitar itu sulit dan perlu punya bakat?

Banyak orang yang mungkin sudah sering dengar soal hal tersebut. Ah, siapa bilang! Jangan dulu menganggap itu benar karena belajar gitar pun bisa jadi asyik dan bahkan dalam waktu yang singkat sudah handal.

Simak 5 cara belajar gitar di bawah ini yang dijamin akan bikin kamu cepat mahir dalam memainkan musik dengan gitarmu.

  1. Belajar Kunci Dasar

Penting untuk menguasai kunci dasar kalau ingin mahir main gitar. Kunci dasar pada gitar dibagi menjadi dua, yaitu kunci dasar biasa dan kunci dasar minor. Yang pertama – pertama perlu dipelajari adalah C Mayor, A Mayor, G Mayor, E Mayor, dan D Mayor.

Cara cepat menguasainya kunci dasar gitar tentunya dengan latihan yang rajin setiap harinya. Dengan begitu kunci gitar ataupun chord gitar akan semakin mudah untuk kamu hafal.

Cara Belajar Gitar Bass Biar Cepat Mahir
Cara Belajar Gitar Bass Biar Cepat Mahir | Foto : LiveAbout
  1. Belajar Menyetem Gitar

Gitar akan mengeluarkan suara yang merdu jika setelannya benar yakni dengan menyetemnya. Saat belajar gitar, kamu perlu juga belajar untuk menyetem gitar yang bisa dilakukan dengan metode tuner ataupun secara manual.

Cara menyetem gitar dengan tuning standar banyak dilakukan oleh para gitaris handal. Atau kamu bisa juga menyetelnya secara manual yang memerlukan pendengaran yang peka terhadap tiap melodi. Ini bisa membantu kamu belajar melodi gitar ataupun kunci gitar dan chord gitar dengan lebih cepat.

  1. Melatih Memori

Kekuatan jari – jari dan otot tangan penting untuk dilatih supaya terbiasa dalam bermain gitar. Selain itu, latihan juga untuk sebisa mungkin tidak terus – menerus melihat jari yang memencet chord gitar. Caranya bisa dengan berfokus pada satu lagu dengan menghafalkan chord gitar dan kunci dasarnya.

Kalau sudah hafal, nantinya akan terbiasa dan bermain gitar pun bisa lebih mahir.

  1. Pelajari Bagian Pada Gitar

Bagi pemula mempelajari bagian pada gitar juga termasuk yang utama untuk dilakukan. Mengingat komponen – komponen pada gitar bisa membantu kamu memahami alat musik gitar ini sendiri. Nantinya wawasan ini akan membuatmu lebih mengerti bagaimana caranya menghasilkan suatu suara yang merdu.

  1. Belajar Mengeksplorasi Lagu

Kunci gitar ataupun chord gitar sudah hafal. Sekarang saatnya mengeksplorasi lagu – lagu untuk dimainkan. Kalau biasanya hanya memainkan satu lagu saja, usahakan untuk mencari lagu lain untuk dipelajari, misalnya mulai dari memainkan lagu – lagu yang mempunyai kunci gitar ataupun chord gitar yang mudah sampai yang rumit. Semakin banyak lagu yang dimainkan, kamu tentunya akan semakin mahir.

Itulah tadi 5 cara belajar gitar untuk pemula biar cepat mahir. Belajar gitar memang kedengaran sulit, akan tetapi, kalau belajar dengan rajin dan rutin tak menutup kemungkinan kamu akan menguasainya hanya dalam waktu 2 minggu saja, lho!

Untuk gitarnya, kamu bisa coba cari – cari tahu soal gitar yang cocok buat pemula, kayak review yang satu ini https://www.guitarsquartz.net/2018/10/review-gitar-yamaha-c40-classic.html.

Bagikan Artikel Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.