Cara Mudah Melakukan Perawatan Pada Mobil

Mobil merupakan salah satu jenis alat transportasi, yang bisa dijadikan sebagai sarana untuk bepergian. Kendati demikian, sayangnya jika mobil selalu dipakai untuk bepergian tapi sedikit pun tidak pernah kamu rawat, tidak menutup kemungkinan malah dapat membuat mobilmu cepat rusak. Meski, mobil sudah rutin dilakukan ganti oli mesin dengan merek yang berkualitas, tapi jika tidak dirawat barang satu kalipun tentunya tidak akan membantu. Apalagi jika kamu mengganti oli mesin sendiri tanpa memerhatikan tips aman mengganti oli kendaraan.

Merawat Mobil

Untuk itu, mari rawat mobilmu dengan cara mudah yang kami suguhkan di bawah ini. Yuks, mari disimak cara merawatnya!

  1. Mengecek sistem starter mobil. Untuk mencegah supaya mobil kamu tidak mengalami kerusakan, lakukanlah pengecekan secara rutin pada bagian sistem starternya. Misalkan saja, kamu mengecek langsung bagaimana kondisi aki maupun baterai mobilmu. Untuk aki basah, biasanya kamu diwajibkan untuk mengecek seberapa banyak volume air yang masih tersisa. Sedangkan, untuk aki kering, kamu bisa memeriksa tanggal pemakaian aki tersebut dan tidak lupa membersihkannya.
  2. Mengganti oli mobil secara berkala. Pastikan kamu mengganti oli mobil secara berkala. Penggantian ini dilakukan untuk menghindari agar tidak terjadi kerusakan pada bagian komponen oli mesin. Usahakan, melakukan penggantian oli mesin, jika kamu sudah mengendarai mobil sejauh 5.000 sampai dengan 10.000 km, jika tidak diganti maka berkemungkinan besar akan memberikan banyak risiko untuk mobilmu.
  3. Memeriksa suhu radiator mobil. Fungsi radiator sendiri adalah untuk menjaga agar suhu di bagian dalam mobil tetap dingin, artinya berperan penting untuk mencegah supaya komponen mobil tidak mudah panas atau overheating. Nah, jika radiator ini rusak, maka tidak menutup kemungkinan malah bisa mengakibatkan mobilmu bermasalah. Oleh sebab itu, lakukanlah pengecekan suhu radiator ini secara rutin, untuk lebih baiknya lakukan pengecekan setiap mobil sudah bepergian sejauh 15.000 km.
  4. Melakukan servis secara rutin. Melakukan servis mobil secara rutin pun merupakan sebuah langkah tepat untuk kamu ambil bila tidak ingin mobil mengalami masalah yang serius. Hal ini mengingat setiap komponen di dalam mesin mobil saling berhubungan satu sama lain, sehingga jika ada satu komponen yang mengalami kerusakan tentu akan berimbas pada komponen lainnya.

Tunggu apalagi, yuks mulai merawat mobilmu dari sekarang! –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.